Potensi Gelombang Tinggi Terjadi di Pantai Lebak, Wisatawan Diminta Waspada

Enewsindonesia.comBaru-baru ini wisatawan yang berlibur di Pantai Lebak diminta untuk lebih waspada saat berkunjung disana. Pasalnya menurut laporan setempat akan ada potensi terjadinya gelombang tinggi sampai dengan 6 meter. Hal tersebut disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Banten secara langsung.

“Kami minta nelayan, warga setempat juga wisatawan tidak melakukan kegiatan di sekitar pesisir pantai,” kata Sumardi sebagai Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Banten di Posko Kesiapsiagaan Bencana wilayah selatan Lebak, Jumat (30/10/2020) saat dikutip dari Antara.

 
 

Selain berpotensi akan terjadi gelompang yang sangat tinggi dari 4 hingga 6 meter, juga akan ada pontesi terjadinya tiupan angina kencang sampai mengeluarkan suara yang bergemuruh. Cuaca yang buruk seperti itu tentunya akan sangat berbahaya sekali dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan laut.

Maka dari itu pihak BPBD Banten berusaha melakukan pemantauan secara maksimal di area pesisir selatan lebak sesuai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Dimana kemungkinan akan terjadi fenomena La Nina yang berlangsung hingga bulan April 2021.

Kemunculan fenomena La Nina ini nanti akan ditangai dengan terjadinya peningkatan curah hujan, gelombang laut yang tinggi, dan tiupan angin kencang di sekitar situ. Untuk itu demi mengurangi resiko terjadinya bencana alam tersebut, maka pihak BPBD Banten segera mendirikan Posko Kesiapsiagaan bencana yang terletak di Kecamatan Panggarangan, tepatnya di Villa Hejo Kiara Payung.

“Kami menjalin kerja sama dengan relawan, TNI, Polri, Rafi dan masyarakat untuk mengendalikan bencana jika sewaktu-waktu terjadi pada fenomena La Nina itu,” tambahnya menjelaskan kondisi itu.

Melihat hal tersebut, pihak BPBD Banten ingin memberikan peringatan kepada para wisatawan, nelayan, dan masyarakat setempat untuk tidak melakukan kegiatan apapun sementara waktu di area pesisir selatan Labak.

“Sebab, ketinggian gelombang dan angin kencang sangat mengancam keselamatan jiwa.” Jelasnya.
Seperti yang diketahui bahwa selama ini kawasan pesisir selatan Lebak memang kurang bersahabat kondisinya. Hal tersebut dikarenakan letaknya berhadapan langsung dengan kawasan perairan Samudera Hindia.

Untuk itu BPBD Banten menyampaikan kepada pemilik wisata Pantai Binuangeun, Sukamaju, Panggarangan, Bagedur, Bayah, Cihara, Pulau Manuk, Sawarna, dan Tanjung Panto supaya lebih meningkatkan rasa kewaspadaan terhadap ancaman gelombang tinggi.

Tinggalkan Balasan

error: waiittt