Dakwah  

Jaga Kebersihan Masjid, Aktivitas Remaja Masjid Baburroyyan Griya Antang Harapan

Foto: Pengurus Masjid Baburroyyan, Griya Antang Harapan, Makassar, Sulawesi Selatan melakukan kerja bakti pembersihan masjid pada Sabtu (10/2/2024).

ENEWSINDONESIA.COM, MAKASSAR ▪︎ Pengurus Masjid Baburroyyan, Griya Antang Harapan, Makassar, Sulawesi Selatan melakukan kerja bakti pembersihan masjid. Hal itu dilakukan setiap hari demi ketenangan jamaah dalam melakukan ibadah.

Humas Remaja Masjid Baburroyan, Ahmad Fajar Wahyuddin menjelaskan, kebersihan merupajan perintah wajib bagi ummat Islam.

 
 

“Perintah untuk menjaga kebersihan tertuang dalam hadist. Merawat kebersihan tidak hanya dianggap sebagai kebiasaan baik, tetapi juga menjadi ritual bagi umat muslim. Misalnya, seorang muslim harus dalam keadaan bersih saat ingin melaksanakan sholat, termasuk membersihkan diri dengan benar setelah menggunakan toilet maupun dengan berwudhu,” paparnya kepada Enewsindonesia.com, Sabtu (10/2/2024).

Lebih lanjut, Fajar menyampaikan, Allah SWT sangat menyukai kebersihan. Kebersihan yang wajib dilaksanakan ummat Islam semata-mata untuk kesejahteraan, baik sewaktu di dunia maupun di akhirat kelak. Ketika tubuh dalam keadaan kotor, maka ibadah seseorang tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Hadist tentang kebersihan membuktikan sejauh mana Islam bersungguh-sungguh dalam urusan kebersihan. Salah satunya menekankan bahwa kebersihan adalah bagian yang tak terpisahkan dari iman. Berikut beberapa bunyi hadits tentang kebersihan.

Hadist tentang Kebersihan dalam Islam

“Dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR. Tirmizi).

Dijelaskan bahwa Allah SWT sangat mencintai kebersihan. Itu sebabnya ada kewajiban untuk membersihkan diri dengan berwudhu sebelum menunaikan ibadah sholat.

Kebersihan Sebagian dari Iman

Dari hadits Ahmad, Muslim, dan Tarmidzi disebutkan bahwa: “Bersuci (thaharah) itu setengah daripada iman.” (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi).

“Kebersihan sangat dijunjung tinggi dalam agama Islam. Dengan menjaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar, aktivitas ibadah pun lebih bernilai. Tidak hanya untuk menaati perintah dan dicintai Allah SWT, menjaga kebersihan juga mendatangkan manfaat agar terciptanya lingkungan yang sehat,” kata dia.

Cara Menjaga Kebersihan sesuai Hadist

Di dalam hadist tertulis beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan. Proses membersihkan diri ini dilakukan untuk beberapa anggota tubuh, yang berbunyi:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada 5 macam fitrah, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, diriwayatkan Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Jika aku tidak menjadikan berat umatku, maka sungguh aku perintahkan bersiwak (menggosok gigi) setiap hendak shalat”. (HR Bukhari)

“Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah.” (HR. An Nasa’i, Ahmad).

Fajar berharap kepada ummat islam terkhusu remaja-remaja masjid untuk selalu memperhatikan kebersihan masjid.

“Baik di dalam masjid maupun di luar masjid,” ujarnya. *

error: waiittt