banner 728x250
Sulbar  

Dua Desa Menampilkan Produk Unggulan di Perayaan HUT Sulbar Ke-16 Tahun

ENEWSINDONESIA.COM — Pearayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Barat yang ke-16 tahun usai saja dilaksanakan, berbagai persiapan yang dilakukan oleh panitia untuk menyukseskan HUT yang berlangsung secara sederhana ini.

Kepala Dinas Pemerintahan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), M. Jaun mengatakan, Peringatan hari jadi Sulbar berbeda dengan tahun sebelumnya, itu karena kita berada pada situasi pandemi virus corona.

banner 728x250

“Tahun sebelumnya, biasanya dihadiri ribuan undangan dan dimeriahkan berbagai kegiatan, seperti pameran produk unggulan dari berbagai daerah di Sulbar, dan kita lihat hari ini hanya ratusan undangan yang hadir karena situasi pandemi virus Corona,” ujar Kadis PMD, Selasa (22/9/2020).

Dalam perayaan HUT Sulbar ini, meskipun partisipasi dari berbagai daerah tidak begitu ramai tapi antusisias mereka tidak pernah surut memperlihatkan karya dan kreativitasnya, seperti Desa Kurrak dari Polman disektor pertanian dan Desa Bababulo dari Majene dibidang kerajinan tangan.

“Kami berharap bukan hanya Desa Kurrak dan Desa Bababulo yang bisa menampilkan produk unggulan dari sektor pertanian (Kopi) dan dibidan kerajinan tangan (pengolahan limbah plastik menjadi perabot rumah tangga) di pameran HUT Sulbar, tapi juga desa-desa yang lain,” papar Jaun mantan Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Sulbar.

Lebih lanjut Kadis PMD Sulbar menyampaikan, Desa Kurrak dan Desa Bababulo sudah menampilkan produk unggulannya di pameran, itu merupakan salah satu innovasi dan kreativitas yang bisa menjadi contoh terhadap desa-desa yang lain.

“Kita pahami bahwa kondisi yang menyebabkan kita seperti ini sehingga banyak daerah yang tidak ikut berpartisipasi menampilkan karya atau produk yang dimiliki setiap daerah dalam perayaan HUT Sulbar,” jelas Jaun putra asal Majene itu.

Foto : Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengunjungi pameran tersebut bersama jajaran SKPD, forkopimda, anggota DPRD dan para tamu undangan perayaan HUT Sulbar.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, Sekprov Sulbar, Ketua DPRD Sulbar dan Anggota  DPRD mengunjungi pameran tersebut bersama jajaran SKPD, Forkopimda dan para tamu undangan perayaan HUT Sulbar. Meskipun perayaan HUT Sulbar berbeda dengan tahun sebelumnya, namun semangat kita jangan pernah pudar.

“Kami adakan pameran produk di HUT Sulbar untuk menampilkan keunggulan produk dari berbagai daerah di Sulbar. Tapi Saya lihat hanya kopi Kurrak dari Polman dan pengolahan limbah plastik menjadi perabot rumah tangga dari Majene,” ujar manatan Bupati Polman 2 periode itu.

“Ketika kita mampu berkreasi dan berinovasi seperti yang telah dilakukan Desa Kurrak dan Desa Bababulo, yakin itu bisa mendogkrak kegiatan perekonomian dan bisa diusulkan di program mandiri, cerdas dan sehat (Marasa),” kata Gubernur Sulbar. (HH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *