banner 728x250

Majukan Seni dan Budaya, Disdikbud Sulbar Gelar Pekan Budaya Daerah

Sekretaris Daerah Sulbar, Muh Idris, DP Didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sulbar, M. Natsir Membuka Pekan Budaya daerah | Fhoto Ist.

ENEWSINDONESAI.COM, POLMAN – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Idris membuka kegiatan Pekan Budaya Daerah (PKD) yang diselenggarakan di Taman Budaya Buttu Cipping dan Museum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar, Kecamatan Tinambung, Polman, Minggu (25/9/2022) malam.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris menyampaikan, kehadirannya bukan hanya karena kecintaan kepada Sulbar. Namun lebih dari itu, ini merupakan bentuk perhatian dan komitmen pada upaya pelestarian budaya di provinsi ini.

banner 728x250

Pekan Kebudayaan Daerah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Jadi Provinsi Sulbar ke-18 Tahun dengan mengusung tema “Lestarikan Budaya, Kembangkan Tradisi”.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan pekan kebudayaan daerah tahun 2022 ini sebagai upaya pelestarian seni dan budaya Mandar yang sarat akan makna dan nilai-nilai religi serta sosial budaya,” ucapnya.

Sulbar merupakan salah satu provinsi yang memiliki kekayaan seni dan budaya yang beraneka ragam. Kekayaan yang merupakan warisan seni dan budaya yang sudah hampir luput dari ingatan, kembali dihadirkan pada pekan kebudayaan kali ini.

“Taman Budaya ini merupakan tempat untuk melakukan aktivitas seni dan budaya. Diharapkan dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan kebudayaan Sulbar,” ujarnya.

Untuk itulah, Idris berharap kegiatan pengembangan dan pelestarian seni budaya tetap terus dilaksanakan. Pemprov Sulbar telah menghadirkan Taman Budaya di Buttu Ciping untuk masyarakat Sulbar, khususnya para penggiat seni dan budaya.

“Mari kita ramaikan taman budaya ini dengan kegiatan-kegiatan pendidikan dan pengembangan seni budaya seperti ini,” harap Idris.

Putra asal Majene itu juga menyampaikan bahwa Tahun 2021 lalu, Taman Budaya ini diresmikan pemanfaatannya untuk menjadi pusat pengembangan seni dan budaya di Sulbar, yang insya Allah kedepan akan dilengkapi lagi dengan membangun beberapa sarana yang lain sesuai master plan kawasan taman budaya dan museum.

“Olehnya itu, saya menyampaikan terima kasih kepada saudara Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar, M. Natsir beserta jajarannya, atas kerja kerasnya dalam memberikan ruang kepada masyarakat agar lebih mengenal seni budaya Sulbar,” imbuhnya.

Insya Allah sarana ini akan terus dibenahi dan dikembangkan. Kata Idris, Pembenahan dan pengembangan tentu akan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan anggaran pemerintah. | */ADV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *