banner 728x250 . banner 728x250

Cek Fakta Pesan Berantai Percobaan Penculikan Anak di Bone

Ilustrasi. (Ist)

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Sejak terjadinya penculikan dan pembunuhan seorang anak dengan alasan ingin menjual organ tubuhnya di kota Makassar beberapa waktu yang lalu berdampak ke daerah-daerah lain di Sulsel.

Salah satu dampaknya yakni, maraknya pesan berantai di media sosial tentang kasus-kasus penculikan anak.

banner 728x250

Seperti di Kabupaten Bone, beberapa infotmasi yang viral di media sosial beredar luas di masyarakat yang membuat cemas para orang tua.

“Siswa MAN 3 Bone hampir saja menjadi korban penculikan anak, waspadai putra-putri semua,” tulis salah satu akun medsos yang menyebar di group-group Whatsaapp.

Akun lain bernama Bu Fida MIN juga menuliskan di status WAnya, “Assalamualaikum, tabe, i siswa tanpa terkecuali. Mulai hari ini usahakanki jemput anakta, larena sekarang sedang marak aksi penculikan anak dan salah satu siswa kami MIN 3 hampir jadi korban, untung anak tersebut masih bisa melawan dengan cara menggigit tangan si penculik. Jadi mohon kerjasamanya demi keselamatan anak-anakta.”

Menaggapi hal itu, Kapolres Bone AKBP Arief Doddy Suryawan menyampaikan bahwa isu tersebut merupakan dampak dari kejadian di kota Makassar sehingga mengakibatkan kecemasan terhadap orang tua di Kabupaten Bone.

“Adapun pemberitaan yang bertempat di Jalan Besse Kajuara tidak jelas asal-usulnya dimana pesan tersebut merupakan pesan terusan sehingga menyebar di group Whatsapp dan sosial media lainnya sehingga menimbulkan kecemasan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, kemudian isu aksi percobaan penculikan anak yang terjadi Jalan Veteran Kelurahan Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur itu tidak benar.

“Begitupula beberapa pesan di Medsos yang lain,” katanya.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat agar tidak percaya hoax khsusnya di Medsos.

“Namun juga kami minta kepada orang tua untuk mengawasi anak-anaknya,” pungkasnya, Selasa (17/1/2023).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *