banner 728x250

Seperti Inilah Penjelasan Rencana Suntik Vaksin COVID-19 November 2020

Enewsindonesia.com — Bulan November 2020 kabarnya pemerintah akan memberikan suntik vaksin emergency kepada masyarakat yang beresiko tinggi terkena serangan COVID-19.

Ada 5 vaksin impor yang telah disiapkan saat ini. Hal tersebut disampaikan oleh Wiku Adisasmito selaku juru bicara dari Satgas Penangangan COVID-19.

banner 728x250

Untuk target pemberian vaksin prioritas tersebut akan mengutamakan asas keadilan dan sesuai dengan Perpres RI No. 99 th 2020. Yaitu seputar Pengadaan Vaksin & Pelaksanaan Vaksinasi untuk Penanggulangan Pandemi COVID-19.

Jadi alokasinya tergantung dari prioritas penerima, wilayah, dan kriteria yang ditentukan dalam Perpres tersebut.

Meski rencananya vaksin akan diberikan untuk kalangan prioritas, namun pemerintah tetap meminta masyarakat supaya tidak mengandalkan vaksinasi saja. Akan tetapi mereka semua harus tetap bekerja sama dalam mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Karena solusi mengatasi COVID-19 tidak bisa dilakukan secara mandiri.

Himbauan Pemerintah terhadap Vaksinasi COVID-19

Namun hal tersebut harus dilakukan secara bersama-sama dengan yang lain. Maka dari itu sebelum vaksinnya diproduksi masal, pemerintah akan tetap memperhatikan keamanan warganya. Jadi untuk saat ini masih dilakukan tahapan penelitian dan pengembangan vaksin agar bisa menemukan dosis paling aman untuk masyarakat.

Melihat hal tersebut, pemerintah meminta agar masyarakat bersabar dan tetap memantau perkembangan informasi resmi langsung dari Satgas COVID-19 tentang tahapan vaksinasi. Selain itu, pemerintah juga meminta masyarakat agar mengenal vaksinasi lebih jauh. Karena ternyata masih banyak warga tidak paham tentang pentingnya vaksinasi dan definisinya.

Vaksin merupakan sebuah zat yang dimasukkan ke dalam tubuh agar sistem imunnya semakin kuat dan mampu melindungi dari penyakit tertentu. Sedangkan vaksinasi adalah prosesnya, dimana dalam praktiknya biasanya dilakukan dengan cara disuntikkan langsung ke tubuh.

Jadi vaksinasi berbeda sekali dengan imunisasi.
Imunisasi merupakan proses untuk memampukan tubuh agar terlindung dari sebuah penyakit lewat vaksinasi. Selanjutnya imunitas merupakan kemampuan tubuh dalam memerangi penyakit.

Bila terjadi imunisasi dengan benar, maka terbentuklah imunitas yang membuat sistem imun (daya tahan tubuh) semakin kuat. Dengan begitu tubuh bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *