banner 728x250

Ingin Diet Mandiri di Rumah? Ini Tipsnya!

Enewsindonesia.com — Pasca pandemi seperti sekarang ini, banyak orang lebih sering menghabiskan waktunya di dalam rumah. Sehingga hal ini membuat mereka merasa semakin gemuk dan ingin diet dari rumah. Tapi, seperti apakah diet yang paling aman dilakukan secara mandiri di rumah?

Diet rendah kalori merupakan cara paling aman untuk menurunkan berat badan secara mandiri di rumah. Hal ini dipertegas oleh dokter spesialis gizi klinik dari RS pondok Indah.

banner 728x250

“Tanpa supervisi, amannya low calory diet,” kata Juwalita Surapsari selaku dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah saat dikutip dari Antara (20/10).

Mengatur pola makan sebanyak 1200 hingga 1500 kalori terbilang masih aman untuk diet mandiri. Untuk mengetahui berapa banyak porsi yang dibutuhkana dalah mengatur makanan sendiri di atas piring saji.

Jadi buat batas imajiner agar piringnya terbagi menjadi 4 bagian. ¼ bisa diisi dengan buah, sayur, protein, dan karbohidrat. Sayur apapun boleh disantap asalkan diolah dengan benar. Namun bila ingin diet, sebaiknya jangan mengolahnya menggunakan minyak.

“Lalapan boleh, tapi sambal bukan termasuk ya. Sayur bening boleh, atau tumis tapi pakai air,” tambah Juwalita.

Karbohidrat disini bisa bervariasi. Jadi tidak harus selalu nasi. Umbi-umbian seperti singkong, kentang, atau jagung boleh dicoba. Bila memilih kentang, sebaiknya kulitnya jangan dikupas agar kandungan seratnya semakin tinggi.

Sedangkan untuk porsi nasi untuk diet sebaiknya sekitar 100 gr atau 1500 kalori (6 sendok makan). Smeentara bila memilih kentang, cukup santap 2 buah kentang berukuran sedang. Bila ingin menerapkan diet 1200 kalori, sebaiknya kurangi jumlahnya menjadi 1 buah kentang saja.

Selanjutnya untuk proteinnya bisa memilih yang rendah lemak, misalnya seperti daging ayam tanpa kulit dan ikan. Selain itu, tempe dan tahu juga diperbolehkan. Bila bosan, maka karbohidratnya juga bisa diambil dari kacang-kacangan.

Jadi bila ingin menyantap tempe atau tahu, silahkan kurangi porsi karbohidratnya. Untuk makanan camilannya, sebaiknya konsumsi buah-buahan segar supaya program diet berjalan lancar. Bila perlu hindari gula dan camilan dengan olahan tinggi kalori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *