Di Negara-negara Ini Harga Kuota Internet Sampai Jutaan per 1 GB

Enewsindonesia.com, – Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi kebanyakan orang, Secara langsung maupun tidak langsung peran internet kini sangat vital dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya Internet, mobilitas warga semakin meningkat. Internet bukan hanya sekadar alat komunikasi dan sumber informasi, tapi sudah menjadi sarana bisnis dan ekonomi, seperti jual beli online, transaksi keuangan mobile, dan sebagainya. 

banner 728x250      
 

Berikut tujuh negara dengan biaya internet termahal dilansir dari AKURAT.CO, Kamis (01/08/19).

1. Zimbawe

Negara tanpa lautan di sisi selatan benua Afrika ini memiliki harga rata-rata paket data 1 gigabite termahal dari 230 negara yang telah diteliti. Di Zimbawe, rata-rata harga paket data mencapai Rp1 juta hanya untuk data sebesar 1 gigabite. Dengan inflasi mencapai 2,2 juta persen, paket data 1 gigabite paling mahal di Zimbawe bisa mencapai Rp2 juta.

2. Guinea Khatulistiwa

Republik Guinea Khatulistiwa

Nama resminya adalah Republik Guinea Khatulistiwa. Negara yang terletak di pantai barat Afrika Tengah ini memiliki harga rata-rata paket data 1 gigabite senilai Rp932 ribu. Dengan kisaran harga terendah sebesar Rp390 ribu hingga termahal sebesar Rp1,6 juta, negara berpenduduk 1,2 juta ini menduduki peringkat kedua di dunia dalam daftar negara dengan harga rata-rata paket data 1GB termahal.

3. Saint Helena

Masih di daerah benua Afrika, tepatnya di bagian selatan Samudera Atlantik, harga rata-rata paket data 1 gb di Saint Helena senilai Rp784 ribu. Bahkan, beberapa daerah di negara yang terkenal sebagai tempat pengasingan Napoleon Bonaparte ini harganya bisa mencapai Rp913 ribu.

4. Kepulauan Falkland

Kepulauan Falkland

Meski memutuskan untuk tetap menjadi bagian dari wilayah Inggris, Kepulauan Falkland memiliki mata uang tersendiri. Harga rata-rata paket data 1 gigabite di negara kepulauan yang terletak di sebelah selatan dari Amerika Selatan ini bisa mencapai Rp670 ribu. Bahkan di beberapa tempat, harganya melebihi di Saint Helena, yaitu mencapai Rp1 juta.

5. Djibouti

Negara yang merdeka 43 tahun lalu ini terletak di Afrika Timur dengan populasi mencapai 956 ribu orang. Harga rata-rata paket data 1 gigabite di negara yang bertetangga dengan Etiopia dan Somalia ini mencapai Rp537 ribu. Bahkan di beberapa tempat di negara yang memiliki bahasa utama Arab dan Prancis ini harga paket 1 gigabite bisa mencapai Rp1,6 juta.

6.Bermuda

Wikimedia

Bermuda sempat menjadi negara dengan biaya hidup paling mahal di dunia menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2017 silam. Hasil tersebut terbukti dari harga rata-rata paket data 1 gigabite yang mencapai Rp534 ribu. Walaupun begitu, di beberapa tempat di negara yang memiliki 138 pulau ini harganya hanya Rp84 ribu.

7. Yunani

Yunani

Satu-satunya negara di eropa yang masuk ke dalam 7 negara yang memiliki harga rata-rata paket data 1 gigabite termahal adalah Yunani. Harga paket data di negara yang dianggap sebagai tempat lahirnya kebudayaan dunia barat ini mencapai Rp453 ribu. Di beberapa tempat bahkan harganya bisa mencapai Rp1,5 juta.

Jadi di negara-negara tersebut, harga kuota Internet 1 GB paling murah 390 ribu rupiah, dan paling mahal mencapai 2 juta rupiah.

Dengan demikian, di negara-negara wilayah Afrika merupakan negara yang paling mahal harga kuota Internet. Hal itu disebabkan oleh inflasi keuangan yang sedang dialami oleh negara-negara tersebut. (Dw)

banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan