Desa Kalola Musdes Penyusunan RKPDes Tahun 2021

Desa Kalola Musdes Penyusunan RKPDes Tahun 2021

PASANGKAYU, ENEWS – Pemerintah Desa Kalola, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat, menggelar musyawarah desa (musdes) penyusunan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes), yang diadakan di Aula Kantor Desa Kalola, Sabtu (22/7/2020).

Musyawarah Desa ini dihadiri oleh pemerintah kecamatan, Kepala Desa, Ketua BPD beserta anggotanya, Danramil, Bhabikantibmas, pendamping desa, unsur perangkat desa, para kepala dusun, kepala sekolah/PAUD, Puskesmas dan tokoh masyarakat Desa Kalola.

     
 

Ketua BPD Desa Kalola, Sulaeman mengatakan, pertemuan musyawarah desa (musdes) ini rutin dilakukan. Salah satu tujuannya ialah, membuat perencanaan pembangunan di desa untuk tahun depan.

“Pembangunan tidak akan berhasil dengan baik, tanpa peran serta masyarakat di dalam perencanaan,” ujar Sulaeman.

Dalam sambutan Kepala Desa Kalola, Logawali mengapresiasi langkah BPD sebagai fasilitator pertemuan ini. Musyawarah ini merupakan tempat untuk menyampaikan aspirasi masyarakat.

“Dalam penyusunan RKPDes harus mengutamakan yg menjadi prioritas pembangunan desa karena nantinya akan ada tim yg memeriksa langsung ke lapangan untuk memverifikasi, apakah program itu layak atau tidak,” ujar Logawali Kepala Desa Kalola.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika ada pertanyaan masyarakat terkait dengan kegiatan pembangunan desa yang belum terealisasi, bisa di tanyakan dalam forum ini.

Pada kesempatan itu, Pendamping Desa Kalola, Rahmadi U memberikan arahan tentang perumusan rancangan RKPDes dan mengacu kepada RPJMDes sebelumnya.

“Dalam menyusun RKPDes memperhatikan empat unsur yaitu : 1. Ketahanan pangan desa, 2. Digitalisasi desa, 3. Peningkatan ekonomi desa, dan 4. Produk unggulan,” ungkap Rahmadi. (Wahab/HH)

 

Tinggalkan Balasan