Coaching Clinic Parigi Moutong Hadirkan Instruktur Pelatih PSSI Hanafing

ENEWSINDONESIA.COM, SULTENG – Pemain Timnas Era 1980-1990 Hanafing berbagi ilmu kepada para pelatih klub kecamatan secara gratis yang digelar di Lapangan Gelora Samsurizal Tombolotutu, Desa Tinombo, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Kamis sore (07/07/2022).

Disamping itu, pria kelahiran Makassar yang sekarang aktif sebagai Instruktur Pelatih PSSI berlisensi AFC ini, juga memberikan latihan dasar kepada pesepakbola muda di Kecamatan Tinombo selatan sampai Kecamatan Tomini.

   
 

”Saya minta agar para pelatih memberikan pemahaman kepada para siswa, bahwa pembinaan terhadap pemain usia dini tidak semata mata untuk meraih kemenangan, atau mengharuskan untuk juara. Kalaupun mendapat kemenangan, itu adalah bonus dari kerja keras pelatih. Kita lagi membangun pemain muda untuk bermain di masa depan, untuk apa sekarang juara, tapi si anak tidak jadi pemain di masa depannya,” disampaikan Hanafing di hadapan peserta Coaching Clinic.

Hanafing menjelaskan, dalam program pelatihan terhadap anak usia dini sudah ada pengelompokan usia, dengan metode latihan yang berbeda. Hal itu sudah tertuang dalam kurikulum yang ada di induk sepak bola PSSI.

”Misalnya, untuk usia 6 hingga 9 tahun itu fase kegembiraan dan tidak ada latihan skill. Hanya dilatih gerakan-gerakan yang mengarah ke sepakbola,” katanya.

Sedangkan, anak usia 9 hingga 13 tahun latihannya sudah mengarah ke skill. “Ini basic banget. Lemahnya sepak bola kita itu berawal dari usia 9 sampai 13 karena latihan dasarnya yang salah. Kan ketika kita membangun dasarnya kuat, maka bangunannya pun akan kuat,” jelas Jessie.

Kepala Dinas Pemuda olahraga dan pariwisata Mawardin Tjambaru usai memantau jalannya coaching clinic, menyampaikan bahwa kegiatan ini lahir untuk memajukan sepakbola Parigi Moutong. pihaknya juga ingin turut meningkatkan SDM pelatihnya.

“Makanya hari ini sengaja kita berikan coaching clinic gratis bagi para pelatih. Dan kami juga merencanakan akan menyelenggarakan kepelatihan Lisensi C agar pelatih di Parigi Moutong ini lebih mumpuni,” katanya.

Terlihat hadir dalam kegiatan itu,Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu,Kadis Pendidikan Amirudin dan beberapa camat.

Pagi harinya dihadapan para camat,Hanafing juga menjadi pembicara dalam workshop dengan materi teknik kepelatihan dan Tahapan serta tata cara kongres Askab PSSI.

Kegiatan dipandu langsung oleh Hanafing yang juga menjabat sebagai direktur teknik Persebaya Surabaya.

banner 728x250    
Penulis: Ary SyafrulEditor: Abdul Muhaimin

Tinggalkan Balasan

error: waiittt