Tamsil Linrung, Sosok di balik Jalan Gembira Anies-Muhaimin di Makassar

Foto: Kegiatan Jalan Gembira Anies-Muhaimin (Dok.Freedom News)

ENEWSINDONESIA.COM, MAKASSAR – Tamsil Linrung merupakan sosok di balik peristiwa politik terbesar yang pernah terjadi di Sulsel dalam Konsolidasi akbar Jalan Gembira Anies-Muhaimin yang menuai sukses besar dan diperbincangkan netizen hingga hari ini.

Tamsil Linrung merupakan anggota Dewan Perwakikan Daerah (DPD) dari daerah pemilihan Sulsel dan kembali maju pada pemilu 2024 mendatang. Sebelumnya, Tamsip yang juga merupakan inisiator Posko Pilihan Rakyat (PPR) ini duduk di Dewan Perwakikan Rakyat (DPR) selama tiga periode.

  banner 728x250   banner 728x250

Muhaimin Iskandar dalam orasinya memuji Tamsil Linrung di tengah lautan massa karena kemampuannya menggalang komponen pendukung Anies-Muhaimin dari berbagai unsur.

“Terima kasih Pak Tamsil Linrung. Anda luar biasa bisa mengumpulkan (massa) sebanyak ini. Hidup Pak Tamsil,” ucap Muhaimin disambut riuh oleh massa yang hadir.

Pangi Syarwi Chaniago (Pengamat Politik) menilai bahwa Tamsil Linrung merupakan politisi kawakan yang punya kemampuan sebagai solidarity makers.

“Peristiwa hari ini membuktikan kapasitas pak Tamsil Linrung sebagai kekuatan perekat. Beliau sosok yang diterima dan mampu berkomunikasi dengan semua kalangan,” ucap Pangi Syarwi kepada media, Rabu, (27/09/23).

Manurut CEO Voxpol Center ini, pasangan AMIN ini diuntungkan dengan tampilnya figur perekat seperti Tamsil Linrung yang piawai menyatukan semua komponen pendukung.

“Saya memantau, safari politik Anies-Muhaimin dalam beberapa hari di Sulsel juga banyak didukung oleh tokoh-tokoh lokal. Termasuk pengusaha. Pak Tamsil, memberikan ruang kepada semua. Tidak mendominasi. Hal itu menunjukkan kematangan leadership,” lanjut Pangi.

Sementara itu, Andi Ali Armunanto (Penganat Politik UNHAS) menilai sosok seperti Tamsil Linrung dibutuhkan oleh Anies-Muhaimin untuk tampil dominan di pilpres. Sebab Tamsil mampu mengkonsolidasi kekuatan-kekuatan dukungan dari tokoh masyarakat yang memiliki kemampuan logistik dan pengaruh di tengah-tengah masyarakat.

“Koalisi Anies-Muhaimin adalah koalisi ramping di tingkatan elit. Tapi dengan peran figur pendukung seperti Pak Tamsil yang bisa menarik tokoh-tokoh masyarakat lain, maka di arus bawah gerbong Anies-Muhaimin justru unggul,” ucap Andi Ali Armunanto.

Andi Ali menguraikan bahwa konsolidasi tokoh-tokoh seperti yang dilakukan Tamsil Linrung sulit dideteksi oleh survei. Karena aktivitas mereka senyap.

“Mereka tidak terekspos seperti pergerakan elit yang tiap hari diberitakan, kejutan massa terbesar sepanjang sejarah politik di Sulsel, membuktikan efektivitas merangkul tokoh dan simpul-simpul berpengaruh,” lanjut Andi Ali Armunanto.*

banner 728x250  

error: waiittt