Semarakkan HUT RI 78 Tahun, KPM-PM BKPT UIN Gelar Berbagai Kegiatan

Foto: Mahasiswa KPM PM Sulbar bersama siswa di Kecamatan Alu.

Enewsindonesia.com, Polman — Dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun, KPM-PM BKPT UIN Makassar Menggelar Kegiatan Pengabdian di Desa Pao-Pao, Kecamatan Alu, Kabupaten Polewali Mandar.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari, Jumat – Minggu (18-20/8/2023) dengan melibatkan pemerintah desa dan masyarakat setempat serta mahasiswa lainnya.

 
 

“Kegiatan yang kami gelar sebagai bentuk kepekaan sosial mahasiswa dalam merespon persoalan yang terjadi dilingkungan masyarakat, dengan menumbuhkan semangat gotong royong,” ujar Ade Supriady.

Ada beberapa rangakaian kegiatan yang dilaksanakan, seperti belajar mengajar di SDN Rura, mengadakan lomba dengan anak-anak, melakukan praktek penyelenggaraan jenazah yang dipandu oleh Staf Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Alu dan juga gotong royong membersihkan sarana peribadatan umum.

“Kegiatan ini dirancang sebagai bentuk implementasi tujuan daripada KPM-PM, kita juga memperlihatkan kepada masyarakat bahwa KPM-PM hingga saat ini masih tetap eksis dilingkungan masyarakat,” ucap Ade Supriady, usai menggelar kegiatan KPM-PM BKPT UIN di Kecamatan Alu, Senin (21/8/2023).

Dirinya berharap semoga dengan adanya kegiatan pengabdian tersebut, mahasiswa dan masyarakat dapat meningkatkan kreativitas, termotivasi serta meningkatkan kerjasama antar warga, yaitu menumbuhkan semangat gotong royong.

“Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Kerja-kerja sosial harus selalu ditumbuhkan dilingkungan masyarakat untuk menjaga semangat gotong royong,” imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini juga akan mempererat hubungan silaturahmi, menjaga kekompakan, solidaritas dan kebersamaan mahasiswa dengan masyarakat. Sehingga suasana keakraban seperti ini akan berdampak pada kemajuan kampung halaman.

“Jangan ada jarak mahasiswa dan masyarakat karena itu tidak bisa dipisahkan, tempat pengabdian Mahasiswa itu di masyarakat. Semangat gotong royong sudah terkikis dan harus kembali di ditumbuhkan untuk memupuk kebersamaan antar warga,” tutup Supriady Mahasiswa UIN Makassar itu.

error: waiittt