Selamat! Utusan Disdik Bone Raih Medali Emas di Ajang OPSI 2023 di Jakarta

Foto: Kontingen dari Bone (tengah) saat menerima penghargaan presenter terbaik di ajang OPSI 2023.

ENEWSINDONESIA.COM, BONE — Ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) merupakan agenda penting Pusat Prestasi Nasional dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif.

OPSI menjadi wadah bagi para siswa SMA/MA/sederajat untuk mengaktualisasikan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa.

banner 728x250      
 

Empat tim dari Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi duta Provinsi Sulsel dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkan nasional Tahun 2023 yang digelar di Jakarta pada 6-11 November 2023. Tiga tim diantaranya merupakan tim dari Kabupaten Bone.

Peraih medali emas dari Kabupaten Bone dalam ajang OPSI 2023 ini merupakan jenjang SMP Tingkat Nasional untuk Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Budaya yakni, SMP Negeri 1 Kahu atas nama, Tsalis Izdihar Akis & Iin Tenri Sangka.

Judul Penelitiannya yakni, “Local Genius Mabbelle: Explorasi Permainan Tradisional Mabbelle Berbasis Aygmented Reality dalam Pembelajaran Matematika Guna Mendukung Penguatan Cultural Resilence Masyarakat Bugis”.

Selanjutnya, Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa: SMPN SATAP 3 Barebbo atas nama Ahyar Fahrizi Akbar & Ramahdandi.

Lalu kemudian ada dari SMPN 1 Kahu atas nama Dalida Adipadatu & Alifyah Sri Suciati.

Tak hanya itu, utusan Bone ini juga berhasil meraih penghargaan sebagai presenter terbaik.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, A. Fajaruddin mengatakan pencapaian ini tentu merupakan pencapaian yang patut diapresiasi.

“Kami semua bangga dengan prestasi medali emas pada bidang lomba IPS dan penghargaan sebagai presenter terbaik yang diraih anak-anak kita,” tuturnya, Sabtu (11/11/2023).

Kadisdik Bone berharap semoga prestasi yang diraih dapat menjadi pendorong dan penyemangat bagi siswa (i) lainnya untuk terus berkreasi dan berinovasi.

“Saya menitipkan pesan dan harapan kepada tenaga pendidik dan kepala sekolah agar lebih menggalakkan kegiatan-kegiatan pembinaan dan pengembangan karakter, bakat dan talenta peserta didik. Karena hanya dengan cara ini kita akan mempersiapkan dengan baik dan mencetak generasi–generasi unggul di masa depan,” tandasnya.

“Insha Allah, dengan kerjasama, sinergitas dan kolaborasi kita semua, pendidikan di Bone akan bangkit dan lebih baik,” pungkasnya. (*)

banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan