Sambut HUT TNI AL ke 78, Lantamal XIII Gelar Ekspedisi Maritim

Foto: Suasana penyambutan kedatangan Tim Ekspedisi Maritim 2023 yang dihadiri oleh Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, M.Pd beserta para pejabat Forkopimda Kabupaten Berau.

ENEWSINDONESIA.COM, BERAU – Dalam rangka menyambut HUT TNI AL yang ke-78 Tahun 2023, Lantamal XIII mengadakan program Ekspedisi Maritim tahun 2023. Perjalanan dengan menempuh waktu beberapa hari dengan rute dari Tarakan, Kalimantan Timur menuju finish di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ekspedisi Maritim 2023 ini, di selenggarakan Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Deni Herman, ST,. MAP., M.Tr.Opsla., CHRMP., CFrA.

banner 728x250      
 

Di etape kedua pada Rabu (6/9/2023),
memasuki Bumi Batiwakal, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Komandan Pos TNI AL Lettu Laut EroLes Febriantoro menerima dan menyambut kedatangan Tim Ekspedisi Maritim 2023.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, M.Pd beserta para pejabat Forkopimda Kabupaten Berau.

Dalam momentum itu, Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Deni Herman dalam keterangan tertulisnya yang dibacakan oleh Kolonel Marinir Felix Pakpahan menjelaskan bahwa Tim rute Merah berangkat dari Tarakan yang menyisir dari utara dan timur kemudian bertemu di Balikpapan sebagai titik kumpul dengan Tim rute Putih yang berangkat dari Pontianak Lantamal XII dengan menyisir sisi barat dan selatan Pulau Kalimantan.

Kegiatan tersebut disejalankan dengan acara besar Bansos (Bantuan Sosial) bertempat di Keraton Gunung Tabur, berupa pembagikan sembako kepada 100 masyarakat di Kecamatan Gunung Tabur.

“Pembagian sembako serupa dapat terus terlaksana di tahun mendatang,” ucap EroLes

Acara yang bertujuan untuk mengenalkan sejarah perjuangan dan peninggalan tempat-tempat bersejarah di sepanjang pulau Kalimantan.

Selain itu juga kegiatan Ekspedisi Maritim tahun 2023 ini murni sepenuhnya untuk kemasyarakatan, mengingat tugas pokok TNI AL kedepan di sepanjang bidang kemaritiman dan kelautan tetap wajib dikembangkan dan di lestarikan.

dengan mencetak prajurit-prajurit muda yang di kenal dengan istilah Babinpotmar (Bintara pembina potensi Maritim), “Bersama Rakyat Kita Menuju Indonesia Maju dan Berkembang”. (*)

Laporan: Ardiansyah

Sumber: Lantamal XIII Tarakan

banner 728x250   banner 728x250   banner 728x250