banner 728x250

Raja Samu Samu Maluku Kunjungi Sausu

SULTENG, ENEWSINDONESIA.COM – Badan Pekerja (BP) Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja-Sultan Nusantara, mengunjungi Desa Sausu Peore, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi tengah, Jum’at (16/6/2021).

Kedatangan Raja Samu-samu disambut dengan adat

Kedatangan Raja Samu-samu ke tanah Sausu ini merupakan bagian dari lawatan BP Silatnas Raja-Sultan Nusantara ke sejumlah provinsi di Indonesia, sekaligus mempererat persaudaraan dan silaturrahmi dengan Masyarakat Adat Sausu.

banner 728x250

Rombongan yang dipimpin oleh Dewan penasehat Mayjen TNI F.X.Multazar dan Sekjen BP Silatnas Upu Latu ML Benny Ahmad Samu Samu itu diterima Oleh Perwakilan Adat Sausu, Mauludin PM.Lembah.

Pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban itu, Mauludin PM Lembah mengungkapkan bahwa dirinya mewakili seluruh masyarakat Adat Sausu, menyampaikan rasa kebahagiaan mendapat kesempatan menerima dan menjamu Raja Maku-Maku ke VI dan rombongan.

“Mudah-mudahan kunjungan ini menghadirkan semangat baru bagi lembaga adat untuk memajukan kebudayaan,” kata beliau saat memberikan sambutannya.

Sementara itu, Sekjen BP Silatnas Raja-raja Nusantara, Upu Latu ML Benny Ahmad Samu Samu dalam sambutan beliau mengatakan bahwa kedekatan hubungan antara Maku Maku dan Sausu sudah terjalin lama saat almarhum yang mulia Rustam Pangando menemui beliau di Jakarta. Saat itu Almarhum minta bantuan untuk dibangunkan Masjid, Puskesmas dan Sekolah di Sausu Peore. Olehnya, dengan kedekatan itu kami datang sekalian silaturrahmi dengan pemangku adat yang ada di Sausu.

“Selain itu perlu adanya komitmen bersama antar pemangku Adat untuk terus melestarikan adat dan kebudayaan yang ada, “kata Raja Samu samu VI tersebut.

Sekjen BP Silatnas, Upu Latu ML Benny Ahmad Samu Samu berharap kunjungan itu bisa mempererat silaturrahmi, persatuan, dan kesatuan bangsa, serta rombongan juga mengharapkan mampu memberikan kontribusi dan sinergitas demi kemajuan pembangunan di tanah air, khususnya bidang kebudayaan.

“Perjalanan silaturrahmi ini bagian dari merajut kebersamaan dan memperkuat budaya bangsa,” pungkasnya.

Silaturrahmi tersebut juga dihadiri oleh Perwira Penghubung (Pabung) Parimo, Kasatpol PP melalui Kabid Penegakan Perda, Forkopimcam Sausu serta beberapa Kepala Desa dan unsur Dewan Hadat yang ada.

Reporter/Jurnalis: Arik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *