NTT  

Kisah Ridha, Warga Miskin Nangahale Sikka yang Tak Terima Bantuan

Foto:Ridha saat merawat anaknya di Rumah Sakit

ENEWSINDONESIA.COM, SIKKA – Salah satu warga Desa Nangahale, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur bernama Ridha mengeluhkan ketidak merataan bantuan yang disalurkan pemerintah setempat.

Dia mempertanyakan bagaimana pelayanan Kepala Desa terhadap masyarakat terkait beberapa program yang ada di pemerintahan.

banner 728x250      
 

“Sampai saat ini, saya tidak menerima bantuan apa-apa,” kata Ridha kepada Enewsindonesia.com, Kamis (10/11/2022).

Dia mengatakan tak mengharapkan harus mendapatkan bantuan apa-apa dari pemerintah melalui program-program yang di gelontorkan selama ini.

“Namun setidaknya kami tahu apa penyebab dari tidak adanya data saya setiap kali ada bantuan,” tandasnya,

Dirinya mengungkapkan sebelumnya pernah tinggal di Desa Permaan, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Dia dan keluarganya pindah dari Desa Permaan sudah sekitar belasan tahun lamanya dan sudah mengurus semua dokumen kependudukannya beralih menjadi warga Desa Nangahale.

“Pernah saya mengalami musibah dengan permasalahan ekonomi yang sampai tidak bisa berbuat apa-apa. Sempat anak laki-laki saya yang sebelumnya bisa membantu saya untuk menyekolahkan adik-adiknya, kini terbaring sakit selama setahun lebih,” terang Ridaha.

Saat itu, lanjut dia,  dirinya butuh dana yang lumayan besar untuk merawat anaknya di rumah sakit.

“Saya sempat membawah anak saya ke rumah sakit TC  Hilers Maumere,” tuturnya.

Namun, kata dia, beberapa hari kemudian, dia terpaksa mengeluarkan anaknya dari rumah sakit dan merawatnya di rumah bersama keluarga karena terkendala biaya.

“Saya pun berusaha mencari uang untuk kembali membawa anak saya ke rumah sakit untuk melalukan perawatan, begitu seterusnya sampai beberapa kali pulang pergi masuk keluar rumah sakit,” ujarnya.

Hinga 1 tahun anak Ridha terbaring sakit, hingga dia menyebut buah hatinya kelihatan sangat kurus.

“Bahkan perut anak saya bocor akibat kelamaan tidak mendapat perawatan yang maksimal karena biaya yang di butuhkan lumayan besar sampai anak saya meninggal dunia,” katanya dengan nada sedih.

Ridha berharap, realisasi program pemerintah terkait pemenuhan hak-hak dasar masyarakat secara menyeluruh dan memprioritaskan masyarakat miskin terutama mengenai kesehatan dan bantuan sosial kemanusiaan. (Faidin) 

banner 728x250   banner 728x250  
Editor: Abdul Muhaimin

Tinggalkan Balasan