banner 728x250

Kartunis Sulsel Berdarah Bone Harumkan Nama Indonesia di Eropa

ENEWSINDONESIA.COM, MAKASSAR – Dalam rangka melawan pandemik dengan berbagai subyek dan cara pandang kartunis serta bagaimana melihat para medis dalam berjuang melawan Covid 19 di seluruh dunia, Asosiasi Kartun Dunia UWC (Union of World Cartoonist) dan Cihan Hospital di Izmit, Turki menggelar Pameran atau Eksibisi gambar kartun dengan virtual dan offline.

banner 728x250

Hal ini sebagai bentuk semangat melawan Covid 19 di seluruh dunia dalam bentuk pesan lewat gambar kartun.

Kartunis seluruh dunia berlomba-lomba mengikuti kegiatan ini, dan dari Indonesia sendiri terdapat 4 orang yang karyanya lolos seleksi dan dipamerkan. Salah satunya kartunis asal Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), bernama Makmun.

Makmun yang lebih dikenal dengan nama Amoeng Bungsu (Kak Ammung) merupakan Putra berdarah Sulawesi Selatan, tepatnya di Pompanua, Kecamatan Ajangale, Kabupaten Bone.

Saat ini beliau merupakan Dosen di Prodi Pendidikan Seni Rupa Universitas Muhammadiyah Makassar, dan aktif diberbagai kegiatan berbentuk gambar kartun (Kartunis).

Makmun juga tergabung dalam Jaringan Cartoon Eropa, Jaringan Cartoon Turki, dan juga anggota dari Assosiasi Cartoon Indonesia.

“Saya merasa sangat bersyukur bisa lolos seleksi dalam kegiatan ini karena ini merupakan cara kami para kartunis menyampaikan pesan melawan Covid 19 dalam bentuk gambar seni kartun. Tahap penyeleksian ini sangat ketat dan profesional, kami mengirim karya kami sebulan yang lalu, dan yang lolos seleksi dipamerkan mulai 17 Maret 2021 sampai saat ini. Membuat kartoon adalah merupakan hobi saya sejak dulu,” ujar Makmun yang saat ini menetap di Kota Makassar ini.

“Covid 19 adalah wabah dan musuh kita bersama, walaupun bentuknya kecil dan tak kasat mata akan tetapi mampu mempengaruhi semua aspek kehidupan di dunia. Disiplin dan ketahanan pangan serta para medis adalah garda terdepan dalam melawan Covid 19,” lanjutnya, Jum’at (19/3/2021) saat ditemui di kediamannya.

Makmun juga ikut mengajak masyarakat dunia untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Karena Covid 19 adalah musuh bersama, dan garda terdepan melawan musuh ini adalah tim kesehatan, sebagai bentuk penyemangat, para kartunis ikut memberi sumbangsinya dalam bentuk gambar kartun yang sekaligus menjadi pesan untuk melawan Covid 19 tersebut.

“Pada sebuah perang melawan musuh negara militerlah sebagai garda terdepan, akan tetapi kali ini sebagai mana kita lihat, para medis menjadi garda terdepan dalam melawan musuh dengan nama Virus Corona ini. Kebersihan dan menjaga imun tubuh, menjaga jarak dan senantiasa hidup bersih dan memakai masker adalah salah satu cara untuk melawan virus corona dan semoga musibah ini akan segera hilang di muka bumi dan kita juga bebas berkatifitas dalam melakukan kegiatan seperti biasa, aamiin,” pungkas Makmun. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *