Kabar Terbaru SYL, Undur Diri dari Mentan dan Sambangi Polda Metro Jaya

Foto: Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Enews)

ENEWSINDONESIA.COM, JAKARTA — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyerahkan surat pengunduran diri kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno. SYL mundur setelah namanya terseret perkara di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu.

“Saya sore ini datang meminta waktu Presiden dan diberi kesempatan melalui Mensesneg Pak Pratik untuk menyampaikan pengunduran diri. Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang harus saya hadapi,” ujar Mentan SYL di Kantor Kemensekneg, Kamis (5/10/23).

     
 

SYL mengatakan, dirinya siap menghadapi proses hukum yang sedang berjalan. Karenanya, ia meminta mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian.

“Saya selalu siap menghadapi proses hukum secara serius. Walaupun saya berharap jangan ada stigma dan persepsi menghakimi saya dulu,” katanya.

“Jadi biarkan proses hukum berlangsung dengan baik. Dan saya siap menghadapi,” sambungnya.

Selama meniti karir, SYL mrngaku bahwa hal tersebut merupakan hal baru baginya. Karenanya dia membutuhkan waktu untuk bisa menghadapinya.

SYL mengaku baru pulang dari luar negeri untuk mendapatkan penghargaan yang ditujukan kepada Presiden RI. Penghargaan yang didapat yaitu Indonesia punya best practice dalam pengendalian berbagai hama penyakit

Bentuk penghargaan itu menurut SYL merupakan apresiasi dari dunia. Dan dirinya memberi presentasi atas nama Indonesia.

Meski demikian, SYL masih belum tahu apakah dapat bertemu dengan Presiden Jokowi. Ia mengaku belum ada panggilan dari Presiden Jokowi.

Sementara itu, terkait kasus yang diprasangkakan kepada dirinya, SYL mengaku telah menyampaikan apa yang diketahui kepada pihak kepolisian. Dirinya telah memberikan keterangan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/10/2023) di hari yang sama.

Berikut pernyataan SYL di Nasdem Tower :

Assalamu’alaikum,

Satu hari setelah saya balik dari Roma, Italia, dan Spanyol melakukan kegiatan mewakili negara, saya dalam proses melakukan kunjungan kerja resmi atas nama negara atas nama kepentingan negara.

Dan satu hari setelah datang, saya langsung diperhadapkan dengan masalah dan salah satu yang saya selesaikan hari ini adalah mendatangi atau diminta oleh Kapolda Jaya untuk menyampaikan keterangan-keterangan dan tentu berbagai hal yang berkait dengan dumas (pengaduan masyarakat) 12 Agustus 2023.

Jadi dumas 12 Agustus 2023 yang terkait dengan hal-hal yang dilaporkan oleh masyarakat berkaitan dengan adanya hal-hal yang seperti apa ya, laporan itu berkait dengan terjadi pemerasan dan lain sebagainya.

Semua yang saya tahu sudah saya sampaikan. Dan secara terbuka saya sampaikan apa yang dibutuhkan oleh penyidik. Dihadapi oleh banyak banget tadi dan prosesnya berlangsung cukup panjang hampir 3 jam. Saya capek banget, sementara saya baru pulang.

Oleh karena itu semua yang ditanyakan terhadap dumas 12 Agustus 2023 itu saya sudah sampaikan seterang-terangnya sepahaman saya dan apa yang saya ketahui tentang itu.

Oleh karena itu, saya hari ini baru jam kira-kira setengah jam atau sejam yang lalu selesai. Dan saya izin kepada teman teman, kasih saya kesempatan untuk sedikit menarik nafas dari sebuah perjalanan yang panjang.

Perjalanan saya untuk kepentingan rakyat, 280 juta orang harus saya kasih makan dan saya sudah bekerja dengan itu.

(Abdul Gafur)

banner 728x250    banner 728x250  

Tinggalkan Balasan