banner 728x250 . banner 728x250
Kampus  

JIAN Unismuh Makassar Jalankan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

ENEWSINDONESIA.COM, Bulukumba – Prodi Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makassar menyelenggarakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Dusun Lemponge, Desa Sapobonto Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sabtu (09/10/21).

Program ini dengan nama “membangun desa”, yang dimana program ini merupakan salah satu dari beberapa program kegiatan belajar di luar kampus yang di naungi langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) yang akan berjalan selama 4 bulan ke depannya.

banner 728x250

Kampus Merdeka merupakan program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja kedepannya dan merelealisasikan potensi desa terkhususnya di Desa Sapobonto.

Adanya konsep MBKM tentunya bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus. Konsep ini pada dasarnya menjadikan mahasiswa untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan di luar kampus.

Membangun Desa merupakan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) yang mengasah softskill dan kolaborasi lintas disiplin mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan. MBKM Membangun Desa memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah masyarakat di luar kampus, dengan secara langsung berkolaborasi bersama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah serta mengembangkan potensi suatu desa/daerah dan mengkaji solusi untuk masalah yang ada di desa/daerah tersebut.

Ketua Prodi Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makassar, Nasrul Haq S.Sos, MPA, berterima kasih kepada Pemerintah Desa setempat atas kesediaannya untuk menerima mahasiswanya untuk melakukan pengabdian untuk membangun desa selama beberapa bulan kedepan.

“Kita berharap adanya program ini, mahasiswa mampu mengembangkan potensi serta mampu mengimplementasikan ilmu yang telah di dapatkan di kampus, kemudian diharapkan mahasiswa mampu bersosialisasi dan bekerja dengan masyarakat dalam hal pembangunan desa,” ungkapnya.

Ketua Prodi Jurusan Ilmu Administrasi Negara dan Kepala Desa Sapobonto melaksanakan kegiatan penyerahan mahasiswa dan penandatanganan perjanjian kerjasama yang bertempat di kantor Desa yang disaksikan secara langsung oleh Kepala Dusun serta masyarakat setempat.

Andi Akbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *