NTT, Sikka  

Gelar Rapat Penetapan DPT Pemilihan BPD, Ini Harapan Kades Nangahale

rapat penetapan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Periode 2022 - 2028. (Dok. Enews)

ENEWSINDONESIA.COM, NTT – Pemerintah Desa Nangahale menggelar rapat penetapan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Periode 2022 – 2028 yang dilaksanakan di Kantor Desa Nangahale, Selasa, (20/12/2022) pukul 08.00 Wita.

Ketua Panitia, Awaludin menyampaikan bahwa terkait penyelenggaraan ini, pihaknya telah melaksanakan prosesnya semaksimal mungkin.

 
 

“Selama ini kami sering mengalami beberapa kendala, itupun karena kita dituntut untuk menyesuaikan keadaan berkaitan dengan pemekaran Desa “Likong Gete” akan berdiri sendiri menerima desa definitifnya,” paparnya.

Kepala Desa Nangahale Sahanudin menyampaikan bahwa pada penjaringan para peserta calon sebelumnya berasal dari beberapa dusun yakni Dusun Nangahale, Dusun Namandoi, Dusun Utanwair, Dusun Likong Gete dan dari keterwakilan perempuan.

“Sehingga pada kesempatan ini setelah Dusun Likong Gete telah definitif menjadi desa tersendiri maka dengan itu para peserta calon pada pemilihan Anggota BPD Desa Nangahale periode 2022-2028 yang berasal dari Likong Gete akan mundur dari kepesertaan yang sudah di tetapkan,” terang Kades.

“Sehingga otomatis ini akan merubah dan menggeser perolehan Kursi di BPD pada beberapa dusun,” sambungnya.

Lebih jauh Sahanudin menyampaikan, bahwa hal ini memang butuh kerja keras panitia apa lagi dituntut pelaksanaan pemilihan sampai dengan agenda pelantikan sudah ada arahan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

PMD mengintruksikan dalam waktu dekat harus dilaksanakan pemilihan anggota BPD sesegera mungkin, karena pelantikan dalam tanggal 15 bulan Januari tahun 2022 wajib dilaksanakan.

“Saya sudah konsultasi ke Dinas PMD dan pada tanggal 15 Januari 2022 tepat itu diinstruksikan harus pelantikan,” tandasnya.

Kades berharap baik kepada panitia maupun pada para peserta calon anggota BPD untuk bersama – sama mendukung proses yang ada dan terkhusus pada pemilihan anggota BPD yang sudah di rencanakan akan di adakan pada tanggal 28 Desember 2022.

“Sehingga kekosongan kita beberapa bulan ini terkait keanggotaan BPD akan segera terjawab kembali sehingga kedepannya bisa membawa Desa Nangahale ini ke arah yang lebih baik dan tetap menjaga nilai-nilai demokrasi yang bermartabat,” pungkasnya.

Jurnalis: Faidin

Editor: Abdul Muhaimin

Tinggalkan Balasan

error: waiittt