Apps, Tech  

Dusa Protokol, DeFi yang sepenuhnya on-chain

DUSA PROTOCOL
Dusa Protokol

ENEWSINDONESIA.COM – Dusa Labs hadir melalui inisiatif yang dipimpin oleh enam penggemar blockchain dengan niat untuk menemukan kembali nilai-nilai desentralisasi. Setelah memenangkan berbagai hackathon di Paris, Lyon, Miami, dan San Francisco, mereka sampai pada kesimpulan bahwa ekosistem DeFi tidak benar-benar terdesentralisasi.

DeFi tidak sepenuhnya terdesentralisasi

 
 

Para pendiri Dusa berkesempatan untuk bertemu dengan berbagai user di ekosistem Web3 melalui beberapa acara dan membandingkan pendapat mereka tentang DeFi saat ini. Salah satu hasil pengamatan yang paling banyak dibagikan adalah bahwa desentralisasi dalam proyek DeFi masih dalam tahap awal, dan kebutuhan akan keamanan yang sudah ada akan terus ditingkatkan. Memang, interaksi dengan aplikasi terdesentralisasi (dApp) atau protokol DeFi masih dilakukan melalui elemen yang sangat terpusat dan berpotensi akan serangan:

Hosting aplikasi terdesentralisasi hampir seluruhnya bergantung pada solusi Web2, yang merupakan entitas terpusat. Ini menyiratkan bahwa aplikasi terdesentralisasi tidak memiliki keamanan optimal terhadap serangan CyberAttacks karena front-end tidak dihosting di blockchain (on-chain). Dengan demikian, user dapat melihat antarmuka penggunanya berkembang dengan munculnya konten jahat kapan saja, seperti yang baru-baru ini terjadi pada protokol Curve. Selain itu, dApp terkena sensor, serta potensi kegagalan data hosting dan infrastruktur.

Aplikasi terdesentralisasi menggunakan inisiator yang berada di luar blockchain (off-chain). Saat Anda melakukan transaksi, beberapa Kontrak Cerdas menggunakan oracle – basis data yang secara langsung tidak terletak di blockchain dan tidak memanfaatkan keamanan yang telah tersedia dari teknologi blockchain. Dengan demikian, inisiator off-chain mewakili target serangan jahat dan dapat menghasilkan latensi dalam operasi (penjualan, likuidasi, dll.) yang terkadang merugikan pengguna.

Protokol DeFi awalnya didasarkan pada model desentralisasi, tidak seperti keuangan terpusat (CeFi). Namun, desentralisasi ini tidak lengkap karena protokolnya tidak sepenuhnya on-chain.

Kelebihan Dusa hadir di DeFi

Saat ini, Dusa adalah dApp pertama yang membangun DeFi di blockchain Massa. Ini berpeluang untuk menampung seluruh komunitas yang sadar akan desentralisasi dan kemudian membangun fondasi ekosistem DeFi yang inovatif di Massa. Ini adalah pertama kalinya aplikasi DeFi dapat mengklaim bahwa itu 100% on-chain. Pengalaman ini dimungkinkan berkat dua inovasi:

Two innovations

Front-end dihosting secara on-chain

Aplikasi terdesentralisasi Dusa dihosting langsung di blockchain Massa. Konkretnya, begitu Dusa tiba di antarmuka dApp, user sudah memiliki akses ke keamanan yang ditawarkan oleh blockchain. Ini juga berarti bahwa dApp tahan terhadap sensor. Ini adalah elemen penting dalam konteks di mana perang akses informasi terus berlanjut. Misalnya, Massa baru-baru ini menandatangani perjanjian dengan surat kabar Ukraina sehingga konten mereka tidak akan disensor mengikuti konteks perang di Ukraina.

Dengan demikian, front-end dihosting di Blockchain dan lebih tepatnya di Kontrak Cerdas (Smart-Contratc) daripada di server eksternal. Oleh karena itu dapat diakses dari mana saja, oleh siapa saja dan kapan saja dalam versi aslinya.

Kontrak Cerdas otonom on-chain

Protokol Dusa bekerja melalui penggunaan Kontrak Cerdas otonom yang memungkinkan peristiwa dipicu secara berturut-turut sesuai dengan kondisi yang telah ditetapkan sebelumnya. Implementasi ini memenuhi dua kebutuhan di dunia DeFi:

Penghapusan inisiator off-chain

Seperti disebutkan di atas, Kontrak Cerdas saat ini menggunakan inisiatot yang tidak ada di blockchain dan oleh karena itu mereka tidak mendapat manfaat dari keamanan yang ditawarkannya. Dusa sekarang menawarkan keamanan ini dengan menerapkan Kontrak Cerdas otonom untuk melakukan transaksi Anda, apakah itu pertukaran sederhana, stop-loss ataupun pinjaman.

Optimalisasi mekanisme produk utama DeFi

Pada peluncurannya, Dusa menawarkan pertukaran terdesentralisasi (DEX) di mana limit order dan stop limit order dijalankan secara otomatis untuk meningkatkan keamanan dan membatasi kesalahan pada penggunaan oracle.

Peta jalan Dusa

Untuk peta jalan, Dusa juga ingin berupaya menghadirkan Kontrak Cerdas otonom ke produk DeFi lainnya seperti:

  • Produk pinjam-meminjam
  • Manajemen likuidasi
  • Kerangka peluncuran tata kelola (DAO)
  • Opsi perdagangan

Dusa saat ini sedang melakukan pengujian beta pribadi dan berencana untuk segera untuk uji publik. Untuk terus mengikuti perkembangannya, kami mengundang Anda untuk bergabung dengan komunitas mereka di Twitter dan Discord.

Peluncuran dApp direncanakan pada tahun 2023, dimulai dengan penerapan pertukaran terdesentralisasi (DEX). Selama satu tahun, tujuannya adalah untuk membangun semua fondasi DeFi (pinjam-meminjam, launchpad, DAO, dll.) dengan menawarkan infrastruktur yang sepenuhnya terdesentralisasi. Untuk ini, Dusa melakukan penggalangan dana putaran pertama untuk membiayai audit keamanan kontrak pintar, penelitian dan pengembangan produk baru serta penyebaran komunitasnya.

Tim

Tim Dusa saat ini terdiri dari empat pengembang (termasuk CTO), COO dan CEO yang memiliki keahlian masing-masing dibidangnya. Mereka berkesempatan untuk bekerja sama di berbagai proyek DeFi dalam setiap acara hackathon yang mereka ikuti. Ternyata itu adalah tim yang sangat kompak. Saling melengkapi dalam kreativitasnya yang kini sangat dibutuhkan di Proyek DeFi.

Visi

Tim Dusa sangat mementingkan pendidikan dan interoperabilitas.

Pendidikan 

Dusa memahami bahwa penting untuk menempatkan diri pada posisi seseorang yang belum pernah berinteraksi dengan protokol DeFi dan kemudian menuntunnya dalam transisi ini. Saat ini, hanya 2% pemegang aset crypto yang telah beralih ke keuangan terdesentralisasi. Memang, banyak pemegang ingin mengambil langkah ini tetapi tidak berani, khususnya karena kurangnya pendidikan tentang hal ini. Inilah mengapa Dusa ingin menawarkan beberapa pilihan antarmuka untuk mampu beradaptasi sesuai dengan tingkat pengalaman user, seperti user keuangan terpusat (CeFi).

Interoperabilitas

Dusa ingin menegaskan dirinya sebagai dasar DeFi di Massa, dengan memfasilitasi penggunaan kontraknya dan komunitasnya untuk aplikasi lain.

Dengan demikian Dusa hadir dengan visi keamanan dan desentralisasi yang dipimpin oleh aktor seperti Ledger!

Desentralisasi DeFi.

TENTANG DUSA

Dusa Labs adalah aplikasi terdesentralisasi yang menawarkan pengalaman on-chain 100% kepada pengguna berkat infrastruktur yang unik. Dusa hadir untuk mengoptimalkan mekanisme utama DeFi dengan menggunakan Kontrak Cerdas otonom dan front-end yang dihosting langsung di blockchain. Dengan demikian, awalnya Dusa dapat menawarkan pertukaran terdesentralisasi yang optimal dan aman.

Twitter: https://twitter.com/DusaLabs

Discord: https://discord.gg/Dk72qgGPMz

Lens: https://lenster.xyz/u/dusalabs.lens

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/dusa-lab

Litepaper & Daftar menjadi beta tester: https://linktr.ee/dusalabs

Website: https://dusa.io

Artikel ini telah terbit dengan versi bahasa inggris dengan judul: Dusa, fully on-chain DeFi

Tinggalkan Balasan

error: waiittt