Bandara Arung Palakka Siap Dioperasikan, Bupati Bone Apresiasi Gubernur Sulsel

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Pemerintah Daerah Kabupaten Bone menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pengoperasian bandara Arung Palakka, Kabupaten Bone pada tahun 2022 ini di Ruang Rapat Pimpinan, kantor Bupati Bone, Jalan Ahmad Yani, Watampone Sulawesi Selatan, Rabu (31/8/2022).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi. Dia mengatakan untuk tahap awal, bandara Arung Palakka melayani rute Bone – Makassar, Makassar – Bone pada tahun 2022 ini.

banner 728x250      
 

Bupati Bone meminta pengoperasian Bandara Arung Palakka untuk memperhatikan payung hukum yang diketahui pengoperasiannya bekerja sama sekaligus digagas Pemerintah Daerah.

Fahsar Padjalangi menuturkan sejumlah opsi dipertimbangkan untuk pengoperasian awal Bandara Arung Palakka tahun 2022 ini. Agar pengoperasian Bandara Arung Palakka dapat clear dan clean tidak berimplikasi hukum di kemudian hari.

“Mulai dari opsi kerja sama Perumda Bone dengan maspakai tetapi ini masih dikaji, bisa dilanjutkan jika memang ada payung hukumnya, sampai saat ini belum ditemukan payung hukumnya,” kata Fahsar.

Kendati demikian, Bupati Bone melanjutkan, yang paling baik menurutnya yakni proses lelang yang diikuti sejumlah maskapai. Namun memerlukan waktu untuk lelang.

“Ada beberapa referensi kita Perseroda Pemprov Sulbar- Susi Air di Sulbar, ada juga model kerja sama dengan model lelang di Dinas Perhubungan yang diikuti maskapai penerbangan di Kaltara,” ujar Fahsar.

Dalam kesempatan itu,
Bupati Bone juga mengapresiasi perhatian gubernur Sulsel A Sudirman Sulaiman terhadap Bandara Arung Palakka.

“Bapak gubernur luar biasa perhatiannya, agar bandara kita segera beroperasi, sarana penunjang bandara juga sudah mulai dibangun, jalan masuk bandara sudah mulai kita kerjakan,” tutur Bupati Bone.

Sementara, Kadis Perhubungan Sulsel, Dr Muhammad Arafah mengatakan, Pemprov Sulsel sangat serius untuk segera mengoperasikan Bandara Arung Palakka.

Bahkan Gubernur Sulsel meminta segera mendukung pengoperasian sesegera mungkin.

“Ini menjadi perhatian serius bapak gubernur (Andi Sudirman Sulaiman). Semangatnya sama, agar bandara ini segera beroperasi,” terangnya.

Diketahui, rapat tersebut juga dihadiri Kadis Perhubungan Sulsel Dr Muhammad Arafah, Sekda Bone Andi Islamuddin, Forkopimda Kabupaten Bone, Otoritas Bandara Arung Palakka, dan Kepala OPD Bone. (*)

banner 728x250   banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan