Asosiasi Nelayan Purse Seine Terbentuk di Bone, Bupati Bone: Luar Biasa

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Berangkat dari permasalahan – permasalahan yang dihadapi para nelayan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, mereka berinisiatif membentuk sebuah wadah organisasi yang menghimpun semua nelayan yang ada di Kabupaten Bone pada tanggal 5 Juni 2022 dengan nama Asosiasi Nelayan Purse Seine (ANPS).

Sebagaimana yang diungkapkan oleh ketua umum ANPS, H. Asnawi dalam sambutannya, “Berangkat dari masalah – masalah yang kami hadapi bersama teman -teman se – profesi, maka kami berinisiatif membentuk sebuah wadah seperti ini sebagai tempat bersilaturahmi, bertukar fikiran, dan mengumpulkan ide – ide untuk kemajuan bersama.”

Diketahui, Purse Seine adalah pukat cincin atau jaring lingkar bertali kerut yang biasa dipakai oleh para nelayan.

“Jadi Nelayan yang tergabung dalam organisasi ini adalah mereka yang memiliki alat tangkap berjenis Purse Seine ini,” terang Asnawi.

Hari ini, Selasa (21/6/2022) ANPS menggelar pengukuhan dan pelantikan pengurus hari ini di Kelurahan Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.


Para pengurus dilantik langsung oleh Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi dan dihadiri oleh ketua DPRD Bone Irwandi BurhanĀ  Dandim Bone Letkol Kav Budiman, Denpom Bone Mayor Cpm Azis Hamdani, Wakapolres Bone Kompol Eddy Sumantri, Komandan Kompi Safiruddin dari Danyon C Pelopor Bone, dan Camat Tanete Rittang Timur Andi Arman Boby.


Dalam sambutannya, Bupati Bone sangat mengapresiasi terbentuknya organisasi ini dan berharap organisasi ini dapat menghimpun semua nelayan yang ada di Bone dan juga di daerah lain.

“Untuk menyatukan orang yang berprofesi yang sama itu sangat susah. Biasanya, yang lahir itu adalah perbedaan – perbedaan dan juga persaingan. Tapi di Bone ini kita saksikan, mereka dapat bersatu dalam wadah yang sama dan dengan tujuan yang sama, luar biasa,” kata Fahsar di awal sambutannya.

Fahsar melanjutkan, dengan terbentuknya organisasi ini, kita bisa duduk bersama dan memikirkan bagaimana nelayan Bone ini maju ke depan dan bisa lebih sejahtera.

Fahsar berharap organisasi ini bisa menjadi pusat dan dikembangkan ke daerah – daerah lainnya di luar Bone, bahkan luar Provinsi.

“Kenapa saya sebut tadi Dewan Perwakilan Pusat Assosiasi? Karena ini baru pertama kali ada Assosiasi Nelayan Purse Seine terbentuk di Indonesia,” ujar Fahsar disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Dalam kegiatan pelantikan ini, Bupati Bone juga memberikan bantuan kepada korban angin puting beliung yang terjadi beberapa waktu lalu di Kelurahan Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone.


Di akhir acara, tak lupa panitia memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Bupati Bone. Diketahui, Bupati Bone berulang tahun pada hari ini, tepat di umurnya yang ke 59 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.