banner 728x250 . banner 728x250

UMK Bone Ikuti UMP Sulsel 1 Januari Mendatang, Segini Nilainya

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Kabupaten Bone, Andi Arsal Achmad.

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulawesi Selatan masuk salah satu yang tertinggi di Indonesia, yakni berada di peringkat keenam dari 38 provinsi di Indonesia.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memutuskan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulsel 6,9 % di 2023. Sebelumnya UMP Sulses sebesar Rp3.165.876 per bulan naik menjadi Rp3.385.145 per bulan.

banner 728x250

“UMP Sulsel ini berlaku mulai tanggal 1 Januari 2023. Kepada seluruh pengusaha untuk menaati keputusan ini,” kata Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Selasa (29/11/2022) lalu.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Kabupaten Bone, Andi Arsal Achmad mengatakan, terkait kenaikan upah minimum di wilayah Bone mengikut dengan standar UMP Sulsel. Yakni Rp 3.385.145 atau kenaikan sebesar 6,9 persen.

“Tahun lalu itu hanya Rp 3.165.876,” kata Andi Arsal kepada Enewsindonesia.com saat ditemui di salah satu Rumah Makan di Jalan Beringin, kota Watampone, Selasa (5/12/2022).

UMP itu akan resmi diterapkan setelah terbit Surat Keputusan (SK) Gubernur. Berikutnya akan dibuat dalam betuk Surat Edaran Bupati.

“Surat edaran ini akan kita publish di akhir Desember 2022,” ujarnya.

Andi Arsal menjelaskan, karena daerah Bone belum memiliki Dewan Pengupahan Kabupaten maka dari itu mengikuti UMP Sulsel.

“Yang punya dewan pengupahan itu hanya Makassar dan Luwu Timur,” ungkapnya.

“Kenapa hanya dua itu saja? karena Makassar merupakan kota metropolitan, sedang Luwu Timur memiliki pabrik besar di sana,” sambungnya.

Sehingga terkhusus kedua wilayah itu, memang perlu memiliki dewan pengupahan agar dapat menentukan standar Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Karena UMK tersebut merupakan safety neet atau jaring pengaman di mana seseorang dapat hidup layak secara sosial dan manusiawi.

Mengingat standar kebutuhan di sana agak berbeda dengan kabupaten kota lainnya.

“Tapi saat ini angkanya tidak bergeser jauh,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *