banner 728x250

Tips Agar Terhindar Dehidrasi Selama Puasa Ramadhan

Enewsindonesia.com – Puasa adalah kegiatan menahan lapar dan haus yang di mulai dari sebelum terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Pada dasarnya puasa menyehatkan bila dilakukan dengan benar. Ketika seorang menahan haus, tubuh kita rentang dengan dehidrasi karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari air.

Salah satu tanda jika kita kekurangan air atau dehidrasi adalah warna urine kita yang nampak pekat. Dehidrasi yang tidak terkontrol atau terbilang parah rentang terkena komplikasi yang lebih serius seperti gangguan ginjal dan kejang.

banner 728x250

Maka dari itu penting untuk mengatur agar kita terhindar dari Dehidrasi selama puasa ramadhan. Berikut ini tipsnya sebagaimana dilansir HaloDoc.

1. Minum 2 Gelas Air Saat Sahur

Salah satu cara mengatasi dehidrasi adalah dengan dengan meminum dua gelas air putih di saat sahur. Gelas pertama, yaitu ketika akan makan makanan sahur dan yang lainnya ketika sudah akan memasuki batas waktu untuk makan dan minum.

Hal tersebut dapat membuat kamu lebih kuat untuk beraktivitas, memperlancar pencernaan, serta membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Hal lainnya yang harus kamu hindari adalah mengonsumsi teh dan kopi saat sahur. Dengan meminum cairan tersebut terlalu banyak, kamu dapat meningkatkan kandungan kafein di dalam tubuh. Akibatnya, kandungan air di dalam tubuh kamu akan cepat menghilang dan menimbulkan rasa haus lebih cepat.

Satu hal lagi yang harus kamu lakukan, yaitu hindari juga makanan atau minuman manis yang dapat dicerna oleh tubuh dengan cepat. Jika kamu melakukannya, dapat membuat kamu merasa lapar lebih cepat dibandingkan perkiraan kamu. Selain itu, minum terlalu banyak air juga tidak dianjurkan karena dapat mencairkan asam lambung, serta menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

2. Dua Gelas Air Putih saat Berbuka

Saat berbuka puasa, kamu wajib untuk meminum dua gelas air putih. Hal tersebut dapat mengatasi rasa haus saat tidak mendapat asupan air. Dua gelas air putih sudah terbilang cukup untuk meredakan dehidrasi pada tubuh. Kamu dapat meminum satu gelas tepat saat berbuka dan satu lagi beberapa menit kemudian ketika menyantap makanan ringan.

3. Empat Gelas Air pada Malam Hari

Untuk benar-benar menjaga tubuh dari dehidrasi, kamu dapat meminum empat gelas air putih di malam hari atau sekitar jam 8 ke atas hingga waktu tidur. Pola ini dapat membuat tubuh kamu lebih mudah untuk memproses makanan yang masuk dan memudahkan organ untuk mencerna.

Semoga tips diatas membawa manfaat buat kita semua. (Kcl/Enw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *