WISATA  

Tanjung Amerika Dipadati Pengunjung Pasca Libur Lebaran 2022, Warga Berharap Fasilitas Dilengkapi oleh Pemerintah

ENEWSINDONESIA.COM, Maluku Utara – Sejumlah tempat wisata di Pulau Morotai, Provinsi Maluku utara ramai dikunjungi masyarakat selama libur Lebaran 2022.

Selain Pulau Dodola ada juga Tanjung Amerika yang terletak di Morotai Jaya Kabupaten pulau Morotai.

banner 728x250      
 

“Tanjung Amerika adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di Desa Loleo Kecamatan Morotai Jaya yang dibangun pada tahun 2021,” ungkap Sekretaris Desa Leo-Leo Abdul, Kamis (4/5/2022).

Abdul mengungkapkan, awalnya lokasi ini adalah merupakan tempat yang dijadikan sebagai pos pemantauan bagi tentara Amerika pada perang dunia kedua. Sepeninggalnya tentara Amerika pada tahun 1943, tempat ini sudah ditumbuhi dengn berbagai tumbuhan liar termasuk kayu yg ukurannya sudah besar.

Awalnya pada tahun 2020, Abdul melanjutkan melalui kegiatan penyaluran bantuan sembako dan bahan bangunan bagi masyarakat korban gempa dan banjir, bupati bersama Ibu menyempatkan diri mengunjungi lokasi ini yang pada saat itu oleh Pemuda Desa Loleo sudah mulai membersihkan dan membuat beberapa bangunan berupa Gapura, Gazebo yang semuanya dengan bahan konstruksinya dari kayu dan bambu.

Melalui kunjungan inilah selanjutnya bupati menetapkan lokasi ini sebagai lokasi wisata.

“Kemudian melalui Dinas Pariwisata, bupati dapat membebaskan lahan pada lokasi ini kurang lebih 1,5 Ha untuk dijadikan sebagai tempat membangun berbagai sarana yang mendukung untuk kemajuan objek wisata,” imbuhnya.

Dalam amatan media ENEWSINDONESIA .COM, masih bayak keluhan pengunjung yang datang di lokasi wisata yakni air bersih, tong sampah, dan sekuriti pariwisata/keamanan.

“Untuk sampah-sampah terutamanya sampah palstik tolong jagan buang di laut!” Kata Kolfa salah satu pengunjung.

Warga dan oengunjung berharap dinas terkait mefasilitasi sarana objek wisata tersebut.

Jurnalis: Ranto

banner 728x250   banner 728x250   banner 728x250  
Editor: Abdul Muhaimin

Tinggalkan Balasan