banner 728x250

Supaya Awet, Ini Tips Menyimpan Daging Di Kulkas

Enewsindonesia.com — Salah satu yang identik dengan hari raya idul adha adalah pemotongan hewan kurban, seusai shalat ied di setiap mesjid panitia kurban akan langsung menyembelih dan membagikan daging kurban.

Bagi sebagian emak-emak yang mendapatkan daging kurban mungkin tidak sempat langsung mengolah daging tersebut untuk disajikan, entah karena masih banyaknya sajian makanan dirumah yang belum habis atau karna capek setelah mempersiapkan kebutuhan lebaran.

banner 728x250

Menyimpannya terlebih dahulu di kulkas untuk dimasak kemudian hari adalah salah solusi terbaik.

Jika Anda berniat untuk menyimpan sebagian daging itu untuk dimasak pada kesempatan lain, simak tips menyimpan daging di kulkas agar tetap segar.

1.. Perhatikan Suhu Freezer

Pertama yang harus diperhatikan adalah Suhu freezer, suhu yang semakin dingin membuat bakteri perusak tidak dapat hidup. Suhu minimal freezer yang baik adalah minus 18°C. Menyimpan daging dalam suhu ini membuat daging bisa tahan hingga 3 bulan atau lebih.

2. Daging Dipotong Dulu

Bagilah daging menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan tiap kali masak.  Pada dasarnya daging beku yang sudah mengalami proses thawing atau pencairan, sebaiknya tidak mengalami proses pembekuan berulang. Selain bakteri akan lebih mudah tumbuh dan berkembang biak, struktur daging pun juga akan rusak sehingga masakan menjadi tidak enak.

Dengan membagi sesuai kebutuhan saat dimasukkan di freezer sesuai dengan kebutuhan kita dan sisa daging bisa tetap beku dan terjaga kualitasnya. memudahkan dan praktis juga, kan?

3. Simpan Dalam Wadah/Tempat Tertutup

Menyimpan dalam wadah yang tertutup agar tidak mudah terkontaminasi bakteri yang ada dalam kulkas atau terbawa oleh bahan-bahan lain yang juga ada di dalam kulkas (kontaminasi silang).

Itulah beberapa tips agar daging yang disimpan di kulkas bisa awet dan masih segar saat diolah nanti.

(Dw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *