Petani di Bengo Mulai Gunakan Teknologi Lampu Pembasmi Hama

Foto: Teknologi lampu pembasmi hama di Desa Samaenre, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone. (Dok. Mimin/Enews)

ENEWSINDONESIA.COM, BONE ■ Sejumlah persawahan di Desa Samaenre, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan mulai menggunakan teknologi “light trap” atau lampu perangkap cahaya guna mengendalikan serangan hama terhadap tanaman padi.

“Pemasangan “light trap” berfungsi mengendalikan serangan hama terutama wereng dan hama penggerek,” kata Kepala Desa Samaenre saat ditemui di sela-sela kegiatan pengenalan teknologi tepat guna untuk pertanian program peningkatan hasil pertanian di Kantor Desa Samaenre, Selasa (19/12/2023).

banner 728x250      
 

Menurutnya, penggunaan alat perangkap cahaya tersebut sekaligus mengajak petani untuk mengurangi penggunaan pestisida dalam upaya pengendalian serangan hama.

“Penggunaan lampu perangkap cahaya ini bertujuan menciptakan pertanian yang ramah lingkungan dalam mengendalikan hama dengan tidak tergantung terhadap penggunaan pestisida,” ujarnya.

Ia menyebutkan, penggunaan teknologi lampu perangkap cahaya pada persawahan di daerah itu mulai digunakan pada musim tanam tahun ini.

“Respon petani menyambut baik dan cukup terbantu dengan adanya inovasi teknologi ini,” katanya.

Disinggung terkait biaya alat tersebut, Kades Samaenre menyebut memakan biaya sebanyak Rp 68 juta.

“Untuk aliran listriknya dari panel tenaga surya. Untuk tahap awal ini lampu pembasmi hama tersebut baru dipasang 30 titik di Desa Samaenre. Insya Allah semua persawahan di wilayah kami akan kena semua. Selain pembasmi hama, bisa juga sebagai tempat wisata,” pungkas Syamsuddin.

Jurnalis: Abdul Muhaimin

banner 728x250   banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan