Pesta Rakyat di Palatta’e, Dipelopori Kaum Pemuda

Foto: pementasan peragaan pencak silat pada pesta rakyat di Palattae

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Pemuda Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan yang tergabung dalam One Project menggelar pesta rakyat di lapangan sepak bola, Kelurahan Palatta’e, Jum’at (11/11/2022).

Pesta rakyat ini berlangsung mulai tanggal 11- 12 November 2022. Berbagai macam lomba dan persembahan diadakan di kegiatan ini seperti, lomba senam, menu sehat, dan nyanyi dangdut.

 
 
Foto: Unsur Tripika Kecamatan Kahu mengahadiri acara pembukaan pesta rakyat

Adapun persembahan yang ditampilkan seperti, pameran Parewa, Mappaddendang, Tarian, Pasar Cakar, Mammenca, dan Stand Kuliner.

Ketua panitia Andi Asrar Jumrikhair Koordinator One Project, Andi Asrar Jumrikhair menuturkan pihaknya menginisiasi kegiatan ini atas dasar keinginan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Kahu.

Maka dari itu pada kegiatan ini pihaknya melibatkan UMKM lokal dalam memeriahkan acara tersebut. Kata dia pihaknya menggarap persiapan kegiatan tersebut selama dua bulan.

“Yang kita libatkan yaitu pengrajin Bossara dari plastik, usaha Dodol dari Desa Cenranae yang sudah sampai di luar negeri, produk gula merah yang diolah di Desa Matajang,” bebernya.

Kegiatan ini juga diisi dengan lomba menu sehat, lomba menyanyi dangdut, senam, dan hiburan.

“Ini kegiatan pertama jadi ketika ada kekurangan akan dijadikan pembelajaran untuk pelaksanaan selanjutnya,” paparnya.

Sementara Camat Kahu Andi Muhlis menuturkan bahwa dengan perak kahu 2022 ini bisa memperlihatkan kepada dunia luar tentang kebudayan ada di daerah ini.

Foto: Camat Kahu membuka acara pesta rakyat

“Saya berharap pada panitia pelaksana jangan liat hasilnya dari kegiatan ini tapi liat prosesnya, kita perlihatkan kepada dunia luar bahwa kebudayaan yang dimiliki kahu masih sangat kental.” Ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

error: waiittt