banner 728x250

Pembangunan Gedung PDAM di Morotai Sempat Terhambat Gegara Sengketa Lahan

Foto: papan informasi proyek gedung PDAM di Pulau Morotai

ENEWSINDONESIA.COM, MOROTAI – Pembangunan gedung Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang terletak di Desa Daruba, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara telah berjalan.

Pembangunan tersebut dimulai dari 20 mei 2022 berdasarkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) itu dengan jangka waktu 180 hari kalender dengan nilai kontrak Rp2.457.359.000,-00 (dua miliar empat ratus lima puluh tujuh juta tiga ratus lima puluh sembilan ribu) dengan anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2022.

banner 728x250

Perusahaan yang pemenang tender proyek kantor PDAM (pelaksana) adalah CV. Bina Wiguna dan untuk progresnya sementara baru 60 persen.

ST Direksi Teknis Pembangunan PDAM, Muhammad Adhiyatma mengungkapkan, pembangunan tersebut sedikit terlambat karena permasalahan lahan.

”Permasalahan lahan itu kami dari PU sudah melimpahkan ke bagian Pemerintahan untuk diselesaikan, karena mereka (pemilik lahan) sempat menutup jalan, makanya materil tidak bisa masuk ke dalam,” ujarnya.

Adhiyatma menerangkan, pembagun gedung PDAM itu terdiri dari tiga bangunan, yakni, gedung utama, gudang dan pagar.

Sementara, Kepala Dinas Kadis PUPR Pulau Morotai Muhamad Jain kepada mengatakan terkait permasalahan lahan, dia mengaku telah berkomunikasi dengan bagian pemerintahan.

”Tanah itu sebelum dibangun itu sudah dibayar Pemda waktu masih zaman bupati Rusli Sibua, dan lokasi itu juga sudah pernah dipagari dengan kawat berduri, berarti lahan itu sudah miliki Pemda dan sudah selesai dibayar,” sebut M Jain.

”Pihak pemerintah mengatakan kerja saja! Kalau masalah lahan itu bagain Pemerintah,” sambungnya, Jum’at (30/9/2022).

Penulis: Ranto DBEditor: Abdul Muhaimin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *