banner 728x250 . banner 728x250

Patroli Mobile, Cara Kapolres Soppeng Tekan Angka Kriminalitas

Foto: Patroli Mobile Polres Soppeng. (Ist)

ENEWSINDONESIA.COM, SOPPENG – Langkah – langkah untuk mencegah dan menekan angka kriminalitas di wilayah hukum Polres Soppeng, Sulawesi Selatan terus digenjot.

Inovasi Kepala Polisi Resor (Kapolres) Soppeng, AKBP Santiaji Kartasasmita terbilang unik dalam hal upaya menjaga ketentraman warga di wilayah pemukiman.

banner 728x250

Patroli Mobile, merupakan program hasil inovasi AKBP Santiaji dalam menekan angka kriminal di daerah pemukiman, khususnya di Kabupaten Soppeng.

Program ini berbentuk mobil patroli. Tugasnya menyisir daerah pemukiman warga, seperti perumahan, Komplek, objek vital, tidak terkecuali rumah pejabat.

AKBP Santiaji membuat program ini dengan dasar hasil analisa dan evaluasi terhadap tindak pidana kriminal di Soppeng.

“Oleh sebab itu kami mencoba membuat pelayanan mobile dengan cara dikemas dalam konsep patroli khusus,” terang Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita, Minggu (11/12/2022).

Polisi sudah menentukan 57 titik yang akan disambangi secara rutin oleh patroli mobile setiap malamnya.

57 titik itu semua sudah dilengkapi dengan barcode sebagai cek dan sistem kontrol.

“Di masing-masing titik atau objek vital ditempatkan barcode sebagai sistem pengawasan agar langsung dikontrol oleh kapolres. Begitu ceklok langsung masuk pemberitahuannya di saya,” ujarnya.

Santiaji menuturkan, untuk rencana ke depan akan dilakukan pengembangan di tingkat desa agar memiliki kendaraan khusus untuk patroli pemukiman.

Ia menarget, masing-masing satu kendaraan per desa.

“Ini kegiatan waktu saya Kapolsek Liembang, Polres Cimahi, Jabar, dan berhasil karena masyarakat merasa aman setiap malam dengan diawasi oleh polisi,” ucapnya. (*)

banner 728x250 ,

Tinggalkan Balasan