Tech  

Mengenal Layer 1 Sui dan Keunggulannya

ENEWSINDONESIA.COM, CRYPTO – Perkembangan teknologi blockchain yang begitu pesat telah mendorong beberapa praktisi IT tidak mau ketinggalan dalam penggunaan ataupun pemanfaatan teknologi blockchain, salah satu dari mantan karyawan Meta Facebook, Evan Cheng telah mengeluarkan produk blockchain layer 1 baru yaitu Sui Network. Ini diyakini sebagai layer 1 blockchain tanpa izin pertama yang dibangun dari ground up atau bawah ke atas.

Proyek yang berdiri di bawah bendera Mysten Labs ini bertujuan agar  blockchain dapat lebih mudah diakses oleh pengguna langsung melalui skalabilitas dan latensi yang rendah. Jaringan Sui akan memungkinkan pengembang ataupun kreator untuk menyesuaikan proyek mereka dengan kemampuan rata-rata pengguna.

   
 

Apa itu SUI ?

Sui adalah platform kontrak pintar tanpa izin terdesentralisasi yang berbasis pada manajemen aset latensi rendah. Sui menggunakan bahasa pemprograman move untuk mendefinisikan aset sebagai objek yang mungkin dimiliki oleh alamat. Blockchain Layer 1 tanpa izin ini pertama dirancang dari bawah ke atas untuk memungkinkan pembuat dan pengembang membangun pengalaman yang melayani miliaran pengguna berikutnya di web3. Sui dapat diskalakan secara horizontal, memberikan penyelesaian instan, dan biaya rendah. Sui adalah platform untuk membangun aset on-chain yang kaya dan dinamis dari game hingga keuangan.

Pada bulan September, Mysten Labs, perusahaan di belakang Sui, telah meraih  $336 juta pendanaan  dari FTX Ventures, Coinbase Venture, Binance Labs, SamsungNext, Circle, Andreessen Horowitz (a16z), Slow Ventures, Lightspeed Venture Partners dan lainnya.

Sui dikelola oleh sekumpulan otoritas tanpa izin yang memainkan peran serupa dengan validator atau penambang di sistem blockchain lainnya. Ini menggunakan protokol siaran Bizantium yang konsisten antara otoritas untuk memastikan keamanan operasi umum pada aset, memastikan latensi yang lebih rendah dan skalabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan perjanjian Bizantium. Itu hanya bergantung pada perjanjian Bizantium untuk keamanan objek bersama. Serta operasi tata kelola dan pos pemeriksaan, dilakukan di luar jalur latensi kritis. Eksekusi smart contract juga secara alami diparalelkan jika memungkinkan. Sui mendukung klien ringan yang dapat mengautentikasi pembacaan serta klien lengkap yang dapat mengaudit semua transisi untuk integritas. Fasilitas ini memungkinkan jembatan yang diminimalkan kepercayaan ke blockchain lainnya.

Token SUI

Token SUI melayani empat tujuan di platform Sui:

  • SUI dapat dipertaruhkan dalam suatu waktu untuk berpartisipasi dalam mekanisme pembuktian kepemilikan.
  • SUI adalah denominasi aset yang diperlukan untuk membayar biaya gas yang diperlukan untuk mengeksekusi dan menyimpan transaksi atau operasi lain di platform Sui.
  • SUI dapat digunakan sebagai aset serbaguna dan likuid untuk berbagai aplikasi termasuk fitur standar uang – satuan hitung, alat tukar, atau penyimpan nilai – dan fungsionalitas yang lebih kompleks yang diaktifkan oleh kontrak pintar, interoperabilitas, dan kemampuan menyusun di seluruh ekosistem Sui.
  • Token SUI memainkan peran penting dalam tata kelola dengan bertindak sebagai hak untuk berpartisipasi dalam voting on-chain pada isu-isu seperti peningkatan protokol.

Contoh kasus penggunaan Sui meliputi:

  • DeFi on-chain dan TradFi primitif: mengaktifkan perdagangan on-chain real-time dengan latensi rendah
  • Program hadiah dan loyalitas: menyebarkan airdrop massal yang menjangkau jutaan orang melalui transaksi berbiaya rendah
  • Game kompleks dan logika bisnis: menerapkan logika on-chain secara transparan, memperluas fungsionalitas aset, dan memberikan nilai di luar kelangkaan murni

Keunggulan

Privasi Keamanan yang Unik

Infrastruktur blockchain saat ini terbatas dan tidak memenuhi kebutuhan pengembang atau konsumen. Teknologi yang ada menderita dari metode penyimpanan yang terbatas dan model programabilitas yang tidak aman, yang memaksa pengembang untuk berkompromi pada fungsionalitas dan pengalaman pengguna. Sui memecahkan masalah paling terkenal di blockchain dengan memberikan skalabilitas yang tak tertandingi, keamanan premium, dan pengalaman pengguna yang disederhanakan dengan biaya terendah.

Biaya Gas yang Rendah

Biaya rendah Sui memungkinkan pengembang untuk memindahkan lebih banyak logika bisnis & metadata on-chain untuk meningkatkan kemampuan menyusun dan transparansi guna memfasilitasi aplikasi. Selain itu, Sui menyimpan kumpulan objek yang dapat diprogram secara on-chain, yang memungkinkan pengembang untuk menentukan aset yang lebih kompleks dengan atribut yang lebih kaya. Dengan Sui, pengembang dapat membangun NFT yang berkembang dan dinamis yang dapat dibuka, ditingkatkan, dan dipaketkan tergantung pada gimnya.

Menggunakan Bahasa Pempograman SUI MOVE

Move adalah bahasa yang sangat aman dan efisien yang membantu pengembang menghindari banyak kesalahan pengkodean yang dapat mengakibatkan eksploitasi. Pada gilirannya, Move VM adalah sebuah alternatif untuk Mesin Virtual Ethereum — sebuah lingkungan yang aman untuk menjalankan kontrak cerdas.

TPS “tak terbatas” dan finalitas nyaris instan

Target performa Sui juga menarik: tim mengklaim TPS mereka berpotensi “tak terbatas”. Saat beban jaringan bertambah, node Sui (disebut otoritas) dapat terus menambahkan pekerja (semacam node sekunder) untuk membuat jaringan mini dan melakukan lebih banyak transaksi.

Dalam pengujian baru-baru ini, satu node yang berjalan di Macbook Pro dengan 8 core memproses 120.000 transaksi per detik. Namun, hasilnya sangat bergantung pada jenis transaksi: dalam pengujian ini, pengguna mengirimkan token ke 100 alamat (akun) yang berbeda menggunakan satu tanda tangan. Saat melakukan transfer satu per satu ke satu penerima setiap saat, node yang sama hanya dapat mengeksekusi 20.000 TPS. Penskalaan horizontal Sui berkat model konsensusnya, di mana transaksi sederhana tidak memerlukan konsensus global.

Berdasarkan penjelasan diatas dan melihat problem infrastruktur blockchain yang selama ini telah menghambat pengembangan di seluruh ruang blockchain dimulai dari dari DeFi hingga game dan NFT. Dengan Sui, ini akan mampu memberdayakan pembangun dan kolektor untuk membuka dunia yang sebelumnya tidak dapat diakses.

banner 728x250    

Tinggalkan Balasan

error: waiittt