banner 728x250
Sulbar  

DPMD Sulbar Gelar Sosialisasi dan Bimtek Program Marasa 2021

Photo: Muhammad Jaun Kepala DInas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sulbar

ENEWSINDONESIA.COM, SULBAR – Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Barat menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Mandiri, Cerdas dan Sehat (MARASA) di gedung  DPMD Sulbar, Senin (8/8/2021).

Soasialisasi dan Bimtek Program MARASA ini dihadiri oleh pendamping Tenaga Ahli Kabupaten dan Pendaping Kecamatan Lokus Program MARASA di Sulbar. Kegiatan ini mengusung tema, “Penguatan proses pembelajaran Program Mandiri, Cerdas dan Sehat Menuju kemandirian perencanaan desa bebasis sumberdaya manusia dan data”.

banner 728x250

Muhammad Jaun Kepala Dinas PMD Sulbar menyampaikan, rencana kegiatan sosialisasi dan Bimtek kemarin diselenggarakan di Hotel Grand Mutiara Mamuju, tapi karena kondisi dan situasi  pandemi covid-19 di Sulbar itu meningkat sehingga diselenggarakan di gedung PMD dengan membagi empat kelas. Kegiatan itu digelar secara virtual zoom dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Program MARASA ini dimulai sejak 2019, dan setiap tahun secara tematik itu dibuatkan peraturan gubernur tentang petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan. Program MARASA ini setiap tahun lokusnya itu berbeda-beda, dari sekian banyak desa di Sulbar sehingga dibutuhkan untuk sosialisasi dan Bimtek agar mereka tahu Program MARASA itu seperti apa,” jelasnya.

Dari sekian banyak desa di Sulbar kategori tertinggal dan sangat tertinggal kita intervensi secara bertahap. Desa yang sudah dapat bantuan Program MARASA tahun kemarin, tahun depan lain lagi.

“Dengan adanya Sosialisasi dan Bimtek ini, kami berharap dapat mengawal program MARASA sesuai apa yang di Bimtekkan tentunya dengan kemandirian desa itu sendiri agar menjadi desa maju dan berkembang,” ujar Jaun.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PUE-PMD) DPMD Sulbar, Sofyan menyampaikan melalui kegiatan sosialisasi dan Bimtek Program MARASA tahun 2021, tentunya kami sangat berharap agar tenaga para pendamping yang akan mengkawal 43 desa lokus Program MARASA betul-betul bisa dikawal dengan baik sesuai dengan petunjuk teknis yang sudah disusun oleh tim Sekber MARASA.

“Kami berharap, muda-mudahan dengan adanya Bimtek ini, para pendaping mengawal dengan baik program MARASA ini agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar mari kita sama-sama mengawasi kegiatan program MARASA,” tutup Sofyan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *