banner 728x250 . banner 728x250
Sinjai  

Komunitas Tobonga Gelar Pentas Akhir Tahun, Tik Tok dan Game Online Isu Utama

ENEWSINDONESIA.COM, SINJAI | Komunitas Tobonga telah melaksanakan Pentas Akhir Tahun di pelataran Sekretariat Komunitas Tobonga, Desa Bonto Salama, Kabupaten Sinjai, Sabtu (26/12/2020).

Di belakang Sekretariat Tobonga ini juga terdapat sawah khusus yang disediakan sebagai tempat latihan seni setiap sore.

banner 728x250

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini selain sebagai hiburan seni bagi masyarakat juga untuk menyalurkan aspirasi-aspirasi masyarakat melalui seni yang dihadiri sekitar 200 penonton dari berbagai daerah.

“Setiap pementasan dari Komunitas Tobonga selalu mempunyai tujuan dan misi, bukan hanya sekedar pementasan seni, tapi selalu ada hal yang ingin di sampaikan atau isu kegelisahan masyarakat akan wabah aplikasi Tik Tok serta Game Online sama berbahayanya dengan Virus Covid-19, sebab banyak anak-anak mengalami kecanduan hal tersebut hingga sangat menyita waktu mereka. Serta masih banyak lagi aspirasi-aspirasi masyarakat yang tidak tersalurkan. Kami membantu menyalurkannya melalui pementasan akhir tahun ini ke pihak-pihak terkait” Tutur Abidin Wakur, Founder Komunitas Tobonga, Ahad (27/12/2020)

Selain itu, ada berbagai item kegiatan yang di tampilkan seperti pembacaan puisi, launching musik akustik komunitas Tobonga, dan di akhiri dengan penampilan teater.

“Pembacaan puisi, akustik dan pementasan teater itu satu paket pementasan yang mempunyai proses latihan sekitar 3 minggu dan 1 minggu persiapan panggung. Sebenarnya, kami sudah punya event tahunan namanya teater pematang sawah yang seharusnya tahun ini adalah tahun ke tiga. Tapi, karena pandemi Covid-19 maka kegiatan ini tidak terlaksana. Tetapi, serasa ada yang kurang jika kami tidak menghelat kegiatan sekecil apapun itu, maka ada ide itu untuk melakukan pentas akhir tahun komunitas Tobonga sekaligus launching grup musik yang kami beri nama Tobonga Akustik. Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi komunitas serta sanggar seni lain khususnya di Sinjai agar tetap eksis dan konsisten dalam berkarya,” tutur Irmalasari, Pimpinan Produksi Komunitas Tobonga.

Kegiatan Komunitas Tobonga kali ini disupport oleh Pemerintah Desa Turungan Baji serta Pemerintah Desa Bonto Salama dan berbagai organisasi seperti Karang Taruna Turungan Baji, Sanggar seni Lapparanabilulu Turungan Baji, serta Yatim Mandiri salah satu lembaga Amil Zakat untuk mensosialisasikan kegiatan ini.

“Dalam kegiatan pentas akhir tahun ini Yatim Mandiri memberikan bantuan Alat Sekolah secara simbolis ke pengurus Komunitas Tobonga untuk disalurkan ke anak-anak Yatim dan Dhuafa yang ada di Desa Bonto Salama, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Saya pun sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dalam durasi persiapan yang sangat singkat tapi, memberikan pesan-pesan sosial, dan dengan adanya kegiatan ini semoga pemuda yang lain juga ikut termotivasi membangun daerahnya, dari desa bisa lahir generasi hebat mulai dari anak-anak sampai pemuda,” terang Misdar, Yatim Mandiri.

Reporter : Jenny

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *