Kloter Terakhir Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Diberangkatkan

ENEWSINDONESIA.COM, BANJARMASIN – Proses Keberangkatan dan acara pelepasan Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin Tahun 1443 H/2022 M ke Tanah Suci telah memasuki hari terakhir keberangkatan pada Selasa (21/06/2022) bertempat di UPT Asrama Haji Landasan Ulin Banjarbaru.

Kloter yang berangkat terakhir ini merupakan jamaah yang masuk dalam rombongan Kloter 7. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenkumham Kalsel) melalui Divisi Keimigrasian dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin ikut ambil bagian dalam pelepasan kloter terakhir Jamaah Haji bersama dengan instansi terkait lainnya.

Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, M. Syafwan Zuraidi, berserta para pejabat struktural Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah serta Tim Keimigrasian Kanim Kelas I TPI Banjarmasin turut hadir dan memberikan layanan pada acara proses Keberangkatan dan acara pelepasan kloter 7 ( kloter terakhir ) Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin tahun 1443 H/2022 M.

Jamaah Calon Haji pada kloter 7 Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan berjumlah 358 orang dilepas langsung oleh Kakanwil Kemenag Kalsel, Drs. H. Muhammad Tambrin selaku ketua PPIH melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji kloter 7 di aula asrama haji landasan ulin Banjarbaru.

Kegiatan dimulai dengan Jamaah Haji masuk ke aula dan dilakukan pemeriksaan barang melalui mesin X-ray oleh petugas Avsec, bea cukai dan sekuriti, dilanjutkan pemeriksaan paspor RI oleh petugas Imigrasi.

Selanjutnya pengarahan dan acara pelepasan, dilanjutkan Jamaah Haji masuk ke bis dan bis disegel oleh petugas Imigrasi dan Dinas Perhubungan Darat.

Dilanjutkan pada pukul 09.30 WITA bis bergerak menuju Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru, tiba di bandara Jamaah Haji langsung memasuki pesawat dengan pengawasan petugas Imigrasi, selanjutnya pesawat berangkat pada pukul 11.30 WITA.

Berlangsung selama 7 (tujuh) hari dan telah memberikan layanan imigrasi bagi 2.208 orang yang terdiri dari 2.180 jamaah haji dan 28 petugas haji, jajaran keimigrasian Kalsel telah berupaya melakukan pelayanan yang prima sesuai prosedur.

Dimulai dengan koordinasi dalam persiapan layanan dan keberangkagan jaamaah haji dengan instansi terkait sampai dengan kegiatan peninjauan lapangan dan pembagian petugas yang sistematis dan proporsional untuk kelancaran ibadah para Jamaah Haji Kalsel dan Kalteng. Sampai dengan berakhirnya sesi pemberangkatan Calon Jamaah Haji, tidak ada keluhan dari sisi keimigrasian dalam layanan dokumen imigrasi dan layanan lainnya.

Pada kesempatan terpisah, Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi menyampikan komitmen jajarannya dalam memberikan layanan imigrasi bagi jamaah haji Embarkasi Banjarmasin.

“Kami berkomitmen memberikan layanan imigrasi dengan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Kami juga sebelumnya berkoordinasi dengan Kementerian Agama dalam hal ini Kanwil Kemenag Kalsel dan Asrama Haji,” ujar Lilik.

Lilik menambahkan, belum semua petugas imigrasi Kalsel berkesempatan untuk melaksanakan ibadah haji, semoga dengan pelayanan yang baik dan ikhlas dari petugas dapat memperoleh berkah dan menjadi ibadah dan memperoleh pahala yang besar karena sudah membantu para tamu Allah untuk beribadah dan menunaikan ibadah haji.

Penulis: A. SyaukaniEditor: Abdul Muhaimin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.