Bone  

Keren, Pemdes Samaenre Akan Kelola Air Bersih Gunakan Tenaga Surya

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Sekolah Tinggi Ilmu Adminstrasi Puangrimaggalatung Bone menggelar sosialisasi Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) pemanfaatan tenaga surya dalam mengelolah air bersih bagi masyarakat Desa Samaenre, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Program PKMS ini diprakarsai dan didanai oleh Kemdikbud Ristek Dikti bekerjasama dengan insan dosen perguruan tinggi (yang lolos proposal) dengan mitra yang ada di Masyarakat.

   
 

Ketua tim PKMS, Andi Asrijal mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk saling bertukar fikiran terkait permasalahan air bersih di Desa Samaenre.

“Tujuan lainnya ialah memberikan inovasi baru kepada BUMdes Samaenre sebagai pengelolah air bersih sehingga keluhan dan hambatan selama ini dapat dipecahkan dengan pemanfaatan tenaga surya,” terang Andi Asrijal, Kamis (22/9/2022).

Dia melanjutkan, dengan inovasi ini, masyarakat tidak lagi tergantung dengan tenaga listrik konvensional yang memiliki beban biaya yang cukup tinggi.

“Sudah terpasang, sisa mau diuji coba, biayayanya kurang lebih 50 juta,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa Samaenre, Syamsuddin menyampaikan bahea pengelolahan aur bersih ini menggunakan tenaga surya ini mempunyai manfaat yang banyak baik dari segi ekonomi dan lainnya.

“Kami menyambut baik program ini. Tidak ada lagi istilah mati lampu, setiap saat air akan terus mengalir saat dibutuhkan,” ujarnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya inovasi tenaga surya ini dapat bermanfaat di masyarakat dan dapat mengurangi beban masyarakat untuk pembayaran iuran air bersih,” sambungnya.

banner 728x250    

Tinggalkan Balasan

error: waiittt