banner 728x250

Gubernur Sulbar Kucurkan Dana Puluhan Milyar Untuk Program Marasa

Ali Baal Masdaar, Gubernur Sulbar Kucurkan Dana Ratusan Juta untuk Program Marasa

MAMUJU, ENEWS Gubernur Sulbar kucurkan dana untuk Program Marasa (Mandiri Cerdas Sehat). Program ini merupakan program pemberdayaan masyarakat desa yang menyasar 190 Desa di Sulawesi Barat (Sulbar).

Pmerintah Sulbar mengucurkan anggaran sebesar Rp 38 milyar untuk program Marasa yang diberikan kepada setiap desa Rp 200 juta untuk pembangunan, pemberdayaan masyarakat desa dan juga penanganan Covid-19 tahun 2020.

banner 728x250

Program Marasa merupakan program unggulan pemerintah Sulbar saat ini, dari total anggaran Rp 200 juta yang diberikan setiap desa, terdapat menanganan covid 30% atau sekitar Rp 60 juta dari total anggaran.

“Kami berharap program ini dapat berjalan sesuai rencana, agar bisa memberikan perubahan kepada peningkatan ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi desa,” ujar Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM), Kamis (20/8/2020).

Program ini merupakan salah satu strategi ABM sebagai Gubernur Sulbar, untuk mengubah status desa tertinggal menjadi desa berkembang atau bahkan menjadi desa maju dan mandiri.

Lebih lanjutnya mengatakan, di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, program ini juga dapat diarahkan untuk memberikan kontribusi dalam penanganan dampak ekonomi yang ditimbulkan Covid-19.

“Relawan yang di bentuk kepala desa, hendaknya mendata masyarakat yang terdampak Covid-19 sesuai kriteria, yang telah ditetapkan pemerintah. Sehingga pengelolaannya transparan, akuntabel dan tidak menimbulkan permasalahan baru di desa,” tutur ABM mantan Bupati Polewali Mandar 2 periode itu.

Ia juga mengapresiasi kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung program Marasa, pihak DPRD Sulbar, para Bupati, camat, desa dan para tenaga pendamping desa.

Ali Baal juga berpesan, “Selain kucuran dana bantuan program Marasa, penggunaan dana desa juga hendaknya diarahkan untuk pembangunan padat karya tunai desa, pengaman sosial, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan lainnya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *