banner 728x250 . banner 728x250

Gubernur Serahkan Bantuan Komoditas Peternakan di Polman

Enewsindonesia.com, POLMAN – Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) serahkan bantuan komoditas peternakan kepada masyarakat di Desa Puccadi, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polman, Jumat 8 November.

Bantuan ini merupakan kegiatan kementerian Pertanian RI dan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Sulbar TA. 2019 diserahkan gubernur pada kunjungan kerjanya ke Bumi Tipalayo julukan Kabupaten Polman.

banner 728x250

Bantuan tersebut adalah Program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) di Sulawesi Barat untuk 16.018 Rumah Tangga Miskin (RTM) dengan jumlah ayam sebanyak 800.900 ekor, pakan sebanyak 2.042 ton, obat-obatan 16.018 paket dan bantuan pembuatan kandang 16.018 unit.

Sejumlah bantuan ini akan disebar ke enam kabupaten di Sulbar. Di Mamuju sebanyak 4.432 RTM (221.600 ekor), Pasangkayu 1.473 RTM, (73.650 ekor), Mamuju Tengah 1.200, KIM (60.000 ekor), Majene 2.851, RTM (142.550 ekor) dan Polewali Mandar 6.062,RTM (303.100 ekor).

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar saat menyerahkan bantuan peternakan kepada warga

Selain bantuan ayam, Ali Baal juga menyerahka bantuan ternak Sapi Bali sebanyak 250 ekor yang ditempatkan pada Instalasi Pembibitan Ternak Unggul (IPTU) Desa Beroangin Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polman diterima Kepala UPTD Balai Perbibitan Ternak, Hijauan makanan Ternak dan Inseminasi Buatan.

Lalu paket bantuan ternak sapi bali (Bibit dan Calon Induk) sebanyak 334 ekor untuk 25 kelompok. Penerima diwakili kelompok Tani Turu’ Camma dan kelompok Sefahtera Galeso.

Juga paket bantuan ternak kambing jenis Ettawa dan Peranakan Ettawa sebanyak 884 ekor untuk 51 kelompok. Penerima diwakil kelompok Mesa Peolo dan Kelompok Bukit Harapan.

Kemudian paket bantuan ternak babi sebanyak 235 ekor untuk 23 kelompok. Penerima diwakili kelompok Sipatuju dan bantuan ternak Unggas jenis Ayam kampung unggul BALITNAK (KUB) sebanyak 1.500 ekor untuk kelompok Sipakalabbi.

Gubernur juga menyerahkan Bantuan Corporate Sosial Responsibility (CSR) sebanyak 2.000 ekor ayam. Penerima diwakili kelompok Telagasyam.

Dan santuan sarana dan prasarana kegiatan IB (induk bibit) sebanyak 6 paket untuk lima kabupaten yang terdiri dari bantuan semen beku, N2 cair dan sarana prasarana pendukung kegiatan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting, diserahkan Ali Baal kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polewali Mandar.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar saat melakukan penadatanganan prasasti Instalasi Perbibitan Ternak Unggul (IPTU) yang terletak di Desa Beroangin

Kemudian bantuan sarana dan prasarana pemberantasan penyalit hewan untuk enam kabupaten yang terdiri atas bantuan obat-obatan, alat penunjang serta vaksin Antraks dan Rabies diterima Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polewali Mandar.

Usai penyerahan bantuan komoditas peternakan, Ali Baal kemudian melakukan penadatanganan prasasti Instalasi Perbibitan Ternak Unggul (IPTU) yang terletak di Desa Beroangin Kecamatan Mapilli Kabupaten Polman.

Ali Baal mengatakan, bantuan tersebut bentuk perhatian besar pemerintah pusat kepada masyarakat. Khususnya masyarakat yang ada di Provinsi Sulawesi Barat.

“Ini adalah program dimasa Pak Amran Sulaiman jadi Menteri Pertanian. Memang pak Amran ingin jadikan Sulbar sebagai provinsi peternakan di Indonesia. Ini yang harus kita syukuri,”ujar Ali Baal disambut tepuk tangan masyarakat.

Ali Baal berharap, dengan bantuan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga angkat kemiskinan menurun.

Berkaitan dengan Kalimantan Timur dijadikan sebagai ibukota negara baru. Kata Ali Baal, tentu akan membutuhkan suplay bahan pangan.

“Sebagai warga Sulbar tentu harus siap menyambut itu, jangan kita lewatkan. Jangan mau dilewati orang lain. Makanya saya harap bantuan ternak ini dipelihara baik-baik, kembangkan terus insyaallah pemerintah akan membantu,”ujarnya.

“Syukuri semua pemberian pemerintah sehingga tahun-tahun mendatang kita terus mendapatkan bantuan, agar Sulbar menjadi daerah peternakan besar,”sambung.

Bantuan ini, kata dia, dimanfaatkan dengan baik dan diterima dengan lapang dana dan bersabar dalam memelihara. (Advertorial Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Sulbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *