Disdik Bone Optimis Raih Juara di FTBI Mendatang

Foto: Para peserta unjuk kebolehan (ist)

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menggelar lomba  bahasa daerah (Bugis) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu hotel di Jalan Langsat, kota Bone dan dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Drs. Nursalam M.Pd, Rabu (09/11/2022)

banner 728x250      
 

Nursalam menerangkan, kegiatan tersebut dalam rangka mempersiapkan perwakilan Bone mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI)

FTBI ini merupakan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Setiap Provinsi di Indonesia diwakilkan 4 bahasa daerah dan khusus Sulsel, bahasa yang diperlombakan adalah bahasa Bugis.

FTBI ini  digelar oleh Balai Bahasa Makassar tingkat Provinsi dalam rangka memperingati Hari Ibu.

Adapun yang dilombakan, cabang lomba pidato, baca puisi, dan mendongeng dengan berbahasa Bugis.

“Nanti Terbaik pertama putra putri akan berlomba di Makassar  pada tanggal 13 – 16 Nov 2022 dan jika masih menang akan diikutkan lagi di tingkat Nasional di Jakarta,” jelas Nursalam.

“Setiap peserta hanya punya durasi 3 hingga 5 menit setiap lomba yang dipilih,” sambungnya.

Tujuan kegiatan FTBI ini, lanjut Nursalam, adalah untuk  melestarikan dan menanamkan serta meningkatkan apresias dan kecintaan terhadap bahasa daerah khususnya bahasa Bugis.

“Bahasa daerah itu sebetulnya bukan persoalan bahasanya tetapi kandungan nilainya dalam bahasa itu, begitupun mempelajari bahasa daerah. Bukan pada alat subtansi komunikasinya tetapi substansi budayanya ,” terangnya.

Festival Bahasa Ibu yang digelar Balai Bahasa Provinsi, kata Nursalam, membuktikan bahwa bahasa daerah (Bugis) sebagai bagian salah satu  kekayaan kultural adat istiadat Bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan.

“Oleh karena itu kami optimis anak-anak kami mampu meraih juara tingkat nasional,” pungkas  Nursalam. (*)

banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan