banner 728x250 . banner 728x250
Sulbar  

Dinas PMD Sulbar Gelar Rapat Sinkronisasi Program MARASA Perkotaan!

Photo: Dinas PMD Rapat sinkronisasi dan penggalian informasi terkait program MARASA Perkotaan

ENEWSINDONESIA.COM, SULBAR – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Barat melakukan rapat sinkronisasi dan penggalian informasi terkait program MARASA (Mandiri, Cerdas dan Sehat) perkotaan tahun 2021 di 5 Kabupaten di Sulbar.

Kepala Dinas PMD Sulbar, Muhammad Jaun menyampaikan, program MARASA tidak hanya menyasar diwilayah pedesaan tapi juga menyasar wilayah perkotaan sebagai implementasi dari visi-misi Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, yaitu pengentasan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat serta peningkatan ekonomi desa agar menjadi desa mandiri.

banner 728x250

“Kami sudah mengunjugi lima kabupaten di Sulbar untuk melakukan rapat koordinasi dan penggalian informasi terkait program MARASA perkotaan. Apa yang menjadi harapan, usulan dan masukan program MARASA disetiap kelurahan di lima kabupaten akan ditelusuri sebagai bahan pertimbangan kami dalam menetapkan indikator program,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Sofyan menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk mensinkronkan bentuk kegiatan yang telah dilaksanakan kelurahan dan menggali informasi dari para camat dan lurah terkait permasalahan yang dihadapi kelurahan, sehingga diharapkan melalui Program Marasa Perkotaan Tahun 2021 di kelurahan, dapat menjadi penggerak dalam membangun kelurahan melalui pola pemberdayaan masyarakat.

“Kami berharap program ini dapat membawa perubahan terhadap bagaimana desa dan kelurahan dapat merencanakan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara tepat berdasarkan data sesuai dengan kebutuhan masyarakat menuju masyarakat Sulbar Maju dan Malaqbi,” ungkapnya.

Dinas PMD melaksanakan rapat sinkronisasi dan penggalian informasi terkait program MARASA (Mandiri, cerdas dan Sehat) perkotaan tahun 2021 di lima Kabupaten.

1. Kabupaten Mamuju

Rapat Program MARASA Kabupaten Mamuju bertempat di Dinas PMD Sulbar yang di hadiri oleh Kadis PMD Prov. Sulbar, Konsultan Pendamping Wilayah Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPW-P3MD) Provinsi Sulawesi Barat, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi dan PMD, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Mamuju, Perwakilan Camat Mamuju dan Camat Simboro serta perwakilan Lurah Binanga, Lurah Rangas, Lurah Simboro dan Lurah Karema yang bertempat di Dinas PMD Provinsi Sulawesi Barat, Senin (5/4/2021).

2. Kabupaten Majene

Rapat Program MARASA di Kabupaten Majene yang dihadiri oleh Koordinator Provinsi KPW P3MD Provinsi Sulbar, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi dan PMD, TAPW Pengelolaan Pendataan Sistem Informasi, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Majene, Perwakilan Camat dan perwakilan Lurah Kabupaten Majene bertempat di Resto Hotel Villa Bogor Leppe-Majene, (9/4/2021).

3. Kabupaten Polewali Mandar

Rapat Program MARASA di Kabupaten Polman terkait Pemantapan Penyusunan Pedoman Umum dan Petunjuk Teknis Program MARASA Perkotaan Kabupaten Polewali Mandar Tahun Anggaran 2021, Kegiatan itu di hadiri oleh Kepala Dinas PMD Sulbar, Koordinator KPW P3MD Sulbar, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi dan PMD, TAPW Pengelolaan Pendataan dan Sistem Informasi, Kepala Bagian Pemerintahan Setda. Polman, Perwakilan Camat dan Lurah. Kegiatan itu bertempat di Rumah Makan Saung Al-Ihklas, Pekkabata Kabupaten Polman, Selasa (27/4/2021).

4. Kabupaten Mamasa

Rapat Program MARASA terkait Sinkronisasi dan Penggalian Informasi Terkait Penyusunan Indikator Program MARASA Perkotaan Kabupaten Mamasa Tahun Anggaran 2021 bertempat di Aula Kantor Bupati Mamasa, Jumat (30/4/2021) Kegiatan itu di hadiri langsung oleh Sekda Kabupaten Mamasa, Kepala Dinas PMD Kabupaten Mamasa, TAPW Pengelolaan Pendataan Sistem Informasi, Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Mamasa serta perwakilan Camat dan Lurah Kabupaten Mamasa.

5. Kabupaten Pasangkayu

Rapat Program MARASA di Kabupaten Pasangkayu terkait sinkronisasi dan Penggalian Informasi Terkait Penyusunan Indikator Program Marasa Perkotaan Kabupaten Pasangkayu Tahun Anggaran 2021 bertempat di Rumah Makan Kita Kabupaten Pasangkayu, bersama Kepala Dinas PMD Sulbar, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Pasangkayu, Seluruh Camat dan Lurah Sekabupaten Pasangkayu, Rabu (5/5/2021).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *