Cek Fakta, Informasi Jadwal Rute Penerbangan Bandara Arung Palakka Bone Hoax?

Foto: pesawat Susi Air type L-410. (Dok. Istimewa)

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Bandara Arung Palakka, kabupaten Bone Sulawesi Selatan sebentar lagi akan beroperasi. PT ASI Pudjiastuti Aviation resmi menjadi maskapai penyedia layanan di Bandara Arung Palakka.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Bone, Syahruli Asmar menuturkan bahwa proses tender untuk maskapai Bandara Arung Palakka telah selesai. Namun untuk penandatanganan kontrak masih dalam tahap persiapan.

     
 

“Iye tendernya sudah selesai, tetapi belum kontrak, sedang tahap persiapan kontrak,” katanya, Sabtu (27/11/2022).

Kata dia, proses lelang berjalan lancar kerana hanya satu yang memasukan penawaran yakni PT ASI Pudjiastuti Aviation.

“Pagunya Rp2,4 miliar lebih untuk anggaran subsidi penerbangan. Dan nilai kontrak yang disepakati lebih Rp 2,3 miliar,” terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk durasi kontrak subsidi penerbanganya berlaku sampai akhir tahun ini. Namun perpanjangan subsidi penerbangan masih memungkinkan terjadi.

“Kemungkinan kalau banyak penumpang, subsidi akan diperpanjang dengan anggaran tahun depan,” tuturnya.

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Bone, Andi Darmawan menuturkan setelah adanya pemenang tender kini pihaknya tengah fokus untuk melakukan pelengkapan administrasi.

“Kita baru rapatkan hari ini dengan pemenang tender terkait waktu penandatanganan kontrak antara PPK bersama dengan maskapai pemenang lelang,” katanya.

Setalah itu kata dia untuk pelaksanaan penerbangan perdana itu tinggal maskapai dengan pihak bandara. Pihaknya sampai pada penandatanganan kontrak.

“Kita menargetkan awal Desember dilakukan penerbangan perdana,” ucapnya.

Terkait dengan masalah rute, jadwal penerbangan, dan harga tiket kata dia semua akan tertuang pada kontrak yang akan disepakati nantinya. Maka dari itu hingga saat ini belum ada yang pasti sebelum tanda tangan kontrak.

“Untuk rute itu bergantung nanti karena kita sudah mohonkan di Kementerian beberapa rute diantaranya Makassar-Bone, Bone-Kendari, dan Bone-Balikpapan, tetapi menurut otoritas bandaran bisa sementara jalan ditentukan jadi satu kali satu tahun berjalan itu ditentukan rute permanennya dan disesuaikan dengan perkembangan peminat dan penumpang. Terkait info yang beredar mengenai jadwal rute penerbangan itu belum A1, tidak tahu itu sumbernya dari mana, masih dirapatkan,” jelasnya.

Untuk pesawat kata dia, saat ini menggunakan pesawat ATR 42, tetapi menyesuaikan hanya 20 shet saja dulu. “Kalau nanti sementara berjalan dan jumlah penumpangnya meningkat dan atmosfer penumpang bagus, bisa dilakukan pembahan menjadi 42 shet,” terangnya.

Dilansir dari Tribuntimurcom, petugas call center menyampaikan jika informasi soal adanya rute baru Makassar ke Bone, Bone ke Kendari, dan Bone ke Balikpapan dan sebaliknya adalah tidak benar (hoax), Sabtu (26/11/2022).

“Tidak benar Pak/Bu, bisa mengunjungi website kami atau media sosial instagram Susi Air,” demikian jawaban dari petugas call center Susi Air.

akun resmi Susi Air di media sosial dan website resminya memang tak ditemukan adanya informasi pembukaan rute baru Susi Air dari Makassar ke Bone, Bone ke Kendari, dan Bone ke Balikpapan atau sebaliknya.

“Selamat pagi, Mohon maaf Pak/Bu untuk rute baru dari Susi Air akan kami sebarkan di media sosial Susi Air kami Pak/Bu,” kata petugas call center. (*)

banner 728x250    banner 728x250  

Tinggalkan Balasan