Tech  

Blockchain: Tantangan dan Solusi Dari Namada

Namada

ENEWSINDONESIA.COM, Crytpo – Blockchain telah membawa perubahan yang sangat signifikan dalam industri, menawarkan Desentralisasi, Privacy dan Scalability. Namun dalam perjalanannya akan selalu ada tantangan untuk tetap exist ataupun terus berkembang. Salah Satu tantangannya adalah privasi.

Privasi dalam blokchain

banner 728x250      
 

Salah satu hal yang fundamental dalam blockchain, dimana transaksi dicatat dalam buku besar publik yang dapat dilihat oleh siapapun. Hal ini berkaitan dengan transparansi yang juga merupakan landasan dasar untuk menumbuhkan kepercayaan ataupun akuntabilitas publik. Anda bisa membayangkan privasi user bocor. Data user pasti akan terekspos, dan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sangat potensi untuk menyalahgunakan data tersebut.

Kita tengok kebelakang dalam kasus luna dan FTX. Kerentanan pada privacy sehingga menyebabkan potensi terjadinya manipulasi yang bisa berkontribusi pada jatuhnya harga. Singkatnya, privasi blockchain begitu penting untuk melindungi data pengguna, mencegah penipuan, mematuhi peraturan, dan menjaga kepercayaan pengguna terhadap blockchain dan ekosistem mata uang kripto. Nah apa solusinya terhadap tantangan tersebut?, Salah satu solusinya adalah koin privasi.

Beberapa proyek blockchain altcoin yang telah memakai konsep privacy seperti monero dan Zcash. Akan tetapi ada yang lebih menarik kita bahas saat ini yang telah menjadikan privacy menjadi visi utamanya. Ia adalah Namada.

Namada

Namada hadir sebagai revolusioner menjawab tantang blokchain hari ini. Namada mendefinisikan ulang blockchain atau lebih spesifiknya pada multi rantai aset-agnostik. Ini adalah sebuah era baru privasi blokchain yang implementasinya pada interaksi multichain.

Mengapa Namada?

Dalam pantauan CaptainClogs sejauh ini, misi namada menitikberatkan pada lapisan privasi yang konon katanya tidak tertandingi di berbagai asetblockchain yang ada, aplikasinya bersifat desentralisasi atau bahkan seluruh jaringan aset blokcchain.

Selain itu ada 3 alasan mengapa namada menjadi revolusioner dalam menjawab tantangan blochain hari ini:

  1. Namada mampu menyesuikan privasi dengan mulus terhadap aset dan aplikasi terdentraliasi yang suda ada sebelumnya
  2. Namada tidak membutuhkan syarat untuk mengubah desain struktur blockchain, aset atau jaringan yang memiki interaksi dengan namada
  3. Ini yang juga paling menarik yakni: Namada memiliki infstruktur yang semuanya dibingkai dalam privasi penuh.

Selain itu mengapa namada menjadi solusi, juga melihat dari fitur yang ditawarkan dalam menjaga marwah privacy serta Team yang bekerja di Namada yang captainclogs lihat begitu inovatif dan penuh kreatifitas serta yang satu lagi nih yakni kepercayaan yang investor telah berikan kepada Namada melalui pendanaan yang mereka kumpulka melalui yayasan anoma (Hal ini captain akan bahas di artikel berikutnya). Singkatnya, Namada merupakan jawaban atas tantangan blockchain hari ini.

banner 728x250   banner 728x250   banner 728x250