Begini Tahapan yang Harus Dilalui untuk Mencapai Desa Mandiri

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Malam anugerah desa dan kelurahan Kabupaten Bone tahun 2022 digelar di salah satu Hotel di Jalan Ahmad Yani, Kota Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (25/8/2022), yang dimulai pada pukul 19.00 Wita.

Sebanyak 23 desa yang berhasil membawa desanya dari status Maju ke Desa Mandiri. Lantas, apa tahapan yang dibutuhkan untuk mencapai Desa Mandiri?

banner 728x250      
 

Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa, Gunadil Ukra menerangkan bahwa ada tahapan Desa Mandiri adalab yang tertinggi.

“Ada beberapa tingkatan dan tingkat teratas itu Desa Mandiri,” terangnya di hadapan awak media.

Di menyebut, Desa Mandiri di Kabupaten Bone berjumlah 41 desa pada saat ini.

“Untuk meraih Desa Mandiri itu tidak gampang. Ada 3 sub indikator, yang pertama Ketahanan Sosial, Ketahanan Ekonomi, dan Ketahanan Lingkungan,” terang Gunadil.

Dia menjelaskan, indikator Ketahanan Sosial itu ada 38 poin yang harus dipenuhi, kemudian indikator Ketahanan Ekonomi ada 21 poin, dan indikator Ketahanan Lingkungan ada 4 poin.

“Contoh ketahanan sosial, di desa itu harus ada sekolah mulai dari PAUD hingga SMA. SMA kan kewenangan Provinsi, kalau tidak ada sekolah di situ diberikan kebijakan maksimal 6 kilometer dari desa tersebut ada SMA,” lanjutnya.

Gunadil melanjutkan, untuk mencapai tingkatan teratas yakni Desa Mandiri, harus melalui beberapa tahapan, yakni: Desa Sangat Tertinggal – Desa Tertinggal – Desa Berkembang – Desa Maju – Desa Mandiri.

“Alhamdulillah untuk Bone tidak ada Desa tertinggal,” tuturnya.

Dia menambahkan, penilaian kriteria tersebut dibuat oleh kementrian dengan ratusan pertanyaan.

banner 728x250   banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan