Amalkan Sunnah Nabi Berikut Ini Di Hari Jumat Yang Mulia

Foto : Quotes Creator Enewsindonesia.com

Enewsindonesia.com,– Hari Jum’at merupakan hari yang paling istimewa dan mulia dalam Islam. Bahkan dalam hadis hari Jum’at disebut juga dengan hari raya umat Islam, selain Idul Fitri dan Idul Adha.

Sebab itu, Rasulullah menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak ibadah dan amal shaleh di hari Jum’at.

banner 728x250      
 

Sebagaimana hadits menyebutkan betapa istimewanya Hari Jumat

“Hari terbaik di mana matahari terbit di hari itu adalah hari Jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at” (HR. Muslim)


Ada banyak sunnah yang bisa di lakukan di hari Jum’at, mulai dari ketika hari tersebut dimulai, saat sebelum shalat Jum’at, sampai ketika kita melaksanakan shalat Jum’at.

Amalkan sunnah di Hari jumat istimewa dan mulia yang Enewsindonesia.com rangkum sebagai berikut beserta dengan Haditsnya.

  • Memperbanyak Dzikir
    Dzikir adalah mengingat Allah, dan kita diperintahkan ketika hari Jum’at untuk banyak-banyak berdzikir. Kalau hari -hari biasa kita sudah banyak berdzikir, maka di hari Jum’at, tentu kuantitasnya perlu ditambah.
    “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah…” (QS. Al Jumu’ah: 9).
  • Memperbanyak Shalawat
    Shalawat itu bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja, baik pagi, siang, sore, ataupun malam. Kita bahkan sangat dianjurkan untuk bershalawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Terlebih di hari jumat seperti sabda Rasulullah
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”.
  • Membaca Surat Al-Kahfi keutamaan membaca surat Al-Kahfi ini sangat besar Sunnah ini merupakan amalan yang luar biasa, jika kita melakukannya, maka dari Jum’at satu ke Jum’at lainnya. Seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.”(HR Hakim dalam Al-Mustadrok)
  • Memperbanyak Doa
    kita juga disunnahkan untuk memperbanyak doa. Doa apa saja, yang penting untuk kebaikan.
    Seperti yang ada dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Mandi Jum’at
    Disetiap hari kita mandi, tetapi di hari jumat di sunnahkan untuk mandi, bahkan sebagian ulama menjadikan hukumnya wajib di hari jumat Seperti yang ada dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Memakai Pakaian Terbaik
    Ketika menghadiri acara formal, berangkat kuliah, kerja atau ketemu orang penting saja bisa rapi dan baik, masa pas shalat jumat tidak bisa.
    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani)
  • Membersihkan Diri dan Menggunakan Minyak Wangi
    Setelah mandi dan mengenakan pakaian terbaik, alangkah lengkap rasanya jika ditambah dengan menggunakan minyak wangi. Sehingga diri kita akan tampak bersih dan wangi. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Menyegerakan Berangkat ke Masjid
    Bersegera ke masjid merupakan salah satu sunnah yang bisa kita lakukan di hari Jum’at. Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jum’at dan tidur siang setelah shalat Jum’at” (HR. Bukhari).
  • Sedekah
    Sedekah tidak hanya berupa uang, Rasullah bersabda,” Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, melarang daripada kemungkaran adalah sedekah, dan berhubungan badan dengan istri adalah sedekah.” (HR Muslim).
    Dan pada hari jumat pula Hari Jumat adalah hari dimana pahala sedekah berlipat ganda. Rasullah SAW bersabda “pahala sedekah berlipat ganda pada hari Jumat.”

Inilah beberapa amalan sunnah yang bisa kita kerjakan di hari Jum’at.

(Dw)

banner 728x250   banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan