Alhamdulillah, Akta Notaris Forum Assitobonengeng Rampung

Foto: Suasana saat penandatanganan Akta Notaris Forum Assitobonengeng.

ENEWSINDONESIA.COM, BONE ▪︎ Komunitas pemerhati budaya Forum Assitobonengeng telah merampungkan legalitas akta notaris pada Senin (12/2/2024) dan akan melangkah ke tahap selanjutnya yakni pembangunan Bola Subbie.

“Sisa AHUnya. Tapi dengan akta notaris ini, kita sudah bisa membuat rekening lembaga,” ungkap Agus Mumar selaku Sekretaris Forum Assitobonengeng, Senin (12/2/2024).

   
 

Sebelumnya, sekumpulan masyarakat Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan yang peduli terhadap budaya membentuk sebuah komunitas bernama Forum Assitobonengeng. Komunitas tersebut terbentuk pasca terbakarnya Rumah Adat Bola Soba pada 20 Maret 2021 silam.

Forum Assitobonengeng juga telah menggelar Tudang Sipulung bersama pihak Pemerintah Kabupaten Bone dan unsur-unsur terkait untuk mengambil peran dalam membangun kembali pusat-pusat budaya di Bone pada 28 Oktober 2023 lalu.

Tudang Sipulung tersebut melahirkan tiga kesepakatan berama yaitu:

1. Disepakati untuk membangun kembali salassa/Bola Subbi oleh Pemerintah Kabupaten Bone dengan konsep swadaya melibatkan seluruh warga Bone yang dikelolah oleh Forum Assitobonengeng;

2. Disepakati bersama pembangunan rumah adat Bola Subbi di Palakka dengan tetap memperhatikan aspek adat dan budaya;

3. Penggunaan material dan sumber daya lokal aspek legalnya difasilitasi oleh pemerintah Kabupaten Bone.

Langkah selanjutnya yang dilakukan Forum Assitobonengeng yakni membuat forum tersebut menjadi legal dengan mengurus legalitasnya.

“Jadi kita bentuk forum ini semacam Organisasi Masyarakat (Ormas) yang fokus memperhatikan kebudayaan (perhati budaya),” ungkap Om Agu, salah seorang anggota Forum Assitobonengeng kepada Enewsindonesia.com, Selasa (31/10/2023).

banner 728x250    banner 728x250