banner 728x250 . banner 728x250

Wings Air Buka Rute ke Bandara Toraja, Warga Apresiasi Bupati Nicodemus

TANA TORAJA, ENEWS— Bandara Toraja yang sedang dirampungkan resmi beroperasi, setelah maskapai Wings Air bersedia membuka rute domestik Makassar-Toraja pulang pergi, Kamis 20 Agustus 2020.

Wings Air membuka rute reguler ke daerah wisata itu setelah sukses melakukan penerbangan uji coba (proving flight) di Bandara Toraja (Bandara Buntu Kunik), Kecamatan Mengkendek, yang berjarak sekira 30 km dari ibukota Makale.

banner 728x250

Manajemen Wings Air dalam proving flight itu didampingi Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara dan mendarat sekira pukul 11.10 WITA. Pesawat jenis ATR 72-600 bertolak dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. penerbangan hanya memakan waktu sekira 45 menit.

Kedatangan pesawat ini disambut Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae bersama pimpinan OPD, anggota DPRD, dan seratusan warga yang hadir dan antusias di ruang kedatangan bandara.

Sebelumnya, pihak Kementerian Perhubungan melakukan uji coba dengan pesawat dinas beberapa waktu lalu.

Rute penerbangan Wings Air Makassar-Toraja dan sebaliknya, resmi dibuka setelah penandatanganan nota kerjasama antara pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan manajemen Wings Air di terminal Bandara Toraja, Buntu Kunik, siang tadi.

Dalam nota kerjasama itu, pesawat Wings Air berkapasitas 80 seat ini akan mulai beroperasi 28 Agustus 2020 dengan jadwal empat kali seminggu (Selasa, Rabu, Jumat, dan Minggu).

Dalam nota kerjasama itu juga disepakati harga tiket untuk sekali jalan sebesar Rp 538.000 ditambah PPN sebesar 10% per penumpang.

Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae yang hadir menyambut kedatangan pesawat tersebut, menyatakan Pemda Toraja bersedia memberikan subsidi penerbangan dan secara detail dituangkan dalam nota kerja sama.

“Ini dipersembahkan untuk warga Toraja dan tentu masyarakat Toraja bangga atas dibukanya rute ini,” katanya.

Bandara Toraja di Buntu Kunik ini melengkapi keberadaan Bandara Pongtiku di Rantetayo.

Bandara baru Toraja ini akhirnya resmi beroperasi setelah dilanda berbagai masalah, mulai dari sengketa lahan yang sempat menyebabkan mandegnya anggaran dari pusat.

Berkat kerja keras Pemda Tana Toraja, Bupati Nicodemus dan jajarannya berhasil meyakinkan pemerintah pusat demi kelanjutan bandara hingga rampung hari ini.

Sedianya, bandara ini dijadwalkan akan diresmikan Presiden Jokowidodo dalam waktu dekat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *