PEMILU  

Sambut Pesta Demokrasi 2024, Ratusan Mahasiswa di Bone Deklarasi Pemilu Damai

Foto: Suasana deklarasi damai ratusan mahasiswa di Bone. (Dok. Adhy)

ENEWSINDONESIA.COM, BONE ▪︎ Sejumlah mahasiswa di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan mendeklarasi pemilu damai di Bunir Cafe, Jalan Jendral Sudirman, Rabu (27/12/2023). Drkalarasi damai tersebut dihadiri sekira 100 orang lebih mahasiswa dari berbagai elemen.

Selain deklarasi damai yang diinisiasi oleh Sapma PP Bone tersebut, para mahasiswa tersebut juga mendapatakan pemaparan mengenai pemilu dan privasi politik dalam Focua Group Discussion (FGD) yang menghadirkan Koordinator Devisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Bone, Rohzali Putra Badaruddin sebagai narasumber.

banner 728x250      
 

Ketua Pc Sapma Bone, Taufiqurrahman mengatakan, deklarasi tersebut berisi kesiapan berpartisipasi dan berpartisipasi aktif pada Pemilu 2024 secara jujur, adil, santun, berbudaya, dan berkelanjutan. Serta mendukung terselenggaranya pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

“Kegiatan ini kami laksanakan sebagai representasi dari sikap kami bahwa pelaksanaan pemilu mesti berjalan dengan prinsip yang Jujur, Adil, Aman dan Demokratis. Hal ini dapat diwujudkan dengan merangkul semua elemen yang ada tidak terlepas dari elemen pemuda dan mahasiswa sebagai kelompok Intelektual,” terang Taufiqurrahman kepada Enewsindonesia.com dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, lanjut Taufiq, melalui deklarasi juga mendorong agar peserta siap berkampanye secara produktif lalu mengedepankan unsur budaya dan kearifan lokal. Pun siap bekerja sama untuk tidak melakukan politik uang, politisasi SARA, menyebarkan berita hoax, hasutan, dan kebencian.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi patron bagi segenap kalangan pemuda dan mahasiswa agar dalam menghadapai kontestasi pemilu disambut dengan suasana yang damai tanpa ada riak-riak yang dapat menciderai pelaksanaan pemilu nantinya,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta juga melakukan penandatanganan di sebuah spanduk yang telah disediakan sebagai bentuk pernyataan dan komitmen meyukseskan Pemilu 2024 dengan damai.

Kegiatan ini dihadiri, DEMA IAIN Bone, BEM UNIM Bone, BEM UNIASMAN, Himpunan Mahasiswa Peternakan (HIMATER) UNIM Bone, Himpunan Mahasiwa Teknologi Pendidikan (HIMATEP) UNIM Bone, Himpunanan Mahasiswa PPKN UNIM Bone, Himpunan Mahasiswa Bone Utara (HMBU), Himpunan Mahasiswa Bone Barat (HIMBAR), Forum Kajian Konstitusi dan Hak Asasi Manusia (FKK HAM), Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Forum Pemuda Indonesia (FPI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Bone.

Berikut isi naskah deklarasi damai tersebut:

1. MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA YANG BERDASARKAN PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945;

2. MENSUKSESKAN PEMILU TAHUN 2024 YANG BERMARTABAT, BERINTEGRITAS, JUJUR, ADIL, AMAN, DAMAI DAN DEMOKRATIS;

3. MENOLAK SEGALA BENTUK PENYEBARAN HOAX, UJARAN KEBENCIAN, MONEY POLITIK DAN SEGALA TINDAKAN YANG DAPAT MERUSAK NILAI PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA INDONESIA.

Jurnalis: Abdul Muhaimin

banner 728x250   banner 728x250   banner 728x250