Bone  

Rumah Dongeng Bone Gelar Launching, Gaungkan Literasi Lewat Dongeng

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Rumah Dongeng Bone telah melaksanakan launching sekaligus pertemuan antara pegiat literasi Kabupaten Bone dan Kabupaten Sinjai yang di laksanakan pada hari Sabtu, tanggal 02 Januari 2021 tepatnya di Jalan Tanggul Kampung Bajo, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Jalan Tanggul tersebut sebagai tempat belajar anak-anak bersama komunitas relawan literasi bajo

Tujuan diadakan kegiatan ini selain untuk mensosialisasikan terbentuknya Rumah Dongeng Bone, juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi para pegiat literasi yang berasal dari berbagai macam komunitas literasi seperti Taman Baca Anak Arung, Rumah Baca Rumi, Komunitas Rumah Dongeng Sinjai, Komunitas Relawan Literasi Bajo, Pustaka Setapak, Ruang Emansipasi Sinjai dan Greenfield Language College.

   
 

“Tujuan dibentuknya rumah dongeng Bone adalah untuk memantik minat baca anak-anak dengan cara mendongeng atau mengajarkan mereka untuk cinta membaca dengan cara mendongeng. Insha Allah, kami Rumah Dongeng Bone akan mulai bergerak mengukir senyum di wajah anak-anak Bone terutama pelosok-pelosok Bone dengan Dongeng,” tutur Andi Sinar Alam, Founder Rumah Dongeng Chapter Bone (Minggu, 03/01/2021)

Bermain, bernyanyi, berhitung cepat, berbagi, serta membaca buku bersama anak-anak menjadi salah satu item dalam kegiatan ini.

“Selamat dan sukses Rumah Dongeng Bone, semoga kegiatan kegiatan seperti ini akan terus ada. Terima kasih untuk kolaborasinya, karena kerja sendiri sendiri itu tidak mengasyikkan. Tumbuhkan minat baca pada anak anak dengan dongeng, utamanya dongeng cerita rakyat hingga anak anak mengenal tentang kampungnya. Terus bergerak melayani masyarakat terkhusus anak anak yang saat ini waktunya sudah banyak tersita, banyak anak anak yg tidak lagi mendapatkan hiburan edukasi. Nah, dengan hadirnya rumah dongeng semoga menjadi wadah untuk teman teman pegiat literasi Bone memberikan asupan edukasi dengan hiburan. Mari mengukir senyum anak anak dengan Dongeng, putuskan hubungan anak anak dengan gadget!” Ajak Mirfayani Mirsal, Ketua Rumah Dongeng Sinjai (Minggu,03/01/2021)

Mendongeng menjadi hal yang unik dalam mengaungkan serta mendekatkan literasi ke dalam diri anak-anak. Selain itu dalam diri pegiat literasi itu sendiri memiliki berbagai bakat dan kemampuan mulai dari kemampuan mendongeng tentunya, jurnalis, hingga menguasai berbagai bahasa dari negara yang berbeda-beda. Hal ini membuktikan kualitas dan multitalenta pegiat literasi dalam meningkatkan minat literasi ke berbagai kalangan.

Alhamdulillah dan senang karena komunitas Rumah Dongeng kembali bertambah lagi dengan kehadiran Rumah Dongeng Chapter Bone. Ini adalah salah satu resolusi 2021 dari Rumah Dongeng agar keberadaan dan kehadiran dongeng semakin bisa menyebar di berbagai wilayah di Sulawesi Selatan. Terima kasih untuk para penggiat literasi di Sinjai yang telah mendorong terbentuknya Rumah Dongeng Chapter Bone. Semoga langkah dan kehadiran dongeng dapat memberikan kontribusi untuk membentuk karakter anak Indonesia menjadi lebih baik,” jelas Heru, Founder Rumah Dongeng Nusantara (Minggu, 03/01/2021)

Kegiatan ini di akhiri dengan membagikan berbagai bingkisan makanan kepada setiap anak-anak yang berada di Jalan Tanggul Kampung Bajo tersebut.

“Semoga kegiatan hari ini memantik kecintaan mereka terhadap membaca dan semakin tumbuh semangat belajarnya,” kunci Ariani, Direktur Greenfield Language College sekaligus Founder Komunitas Relawan Literasi Bajo (Minggu, 03/01/2021).

Reporter: Jenny Aprella Andaresta

banner 728x250    banner 728x250  

Respon (1)

Tinggalkan Balasan