banner 728x250

PkM di Barru, Ima Kesuma Bicara Pokok Pikiran Pemajuan Budaya Sulsel

BARRU, ENEWSINDONESIA.COM – Berangkat dari kegelisahan eksistensi budaya di Sulawesi – selatan, guru besar pendidikan sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Andi Ima Kesuma, M. Pd. melaksanakan pengabdian masyarakat di Barru (07/08/21).

Dalam pembuka percakapan, wakil Dekan IV FISH UNM ini menyampaikan mengapa kita perlu tahu kondisi kebudayaan? Ditengah era globalisasi menerpa seluruh aspek keseharian kita menjadi penting melihat bagaimana ketangguhan/ketahanan masyarakat saat berhadapan dengan arus tersebut.

banner 728x250

Selain itu, beliau menjelaskan bagaimana dalam catatan sejarah kita pernah menjadi satu imperium besar diantara kerajaan Majapahit di Jawa, Sriwijaya di Sumatera, dan kita sendiri Bugis pada Semenanjung Melayu.

“Kita punya banyak warisan nilai kebudayaan tapi kenyataannya tidak hidup dalam kehidupan masyarakat. Malahan yang terjadi adalah mengadopsi corak budaya luar sebagai laku seharian, seperti korea dan nilai budaya barat lainnya,” papar Andi Ima

Materi pemajuan budaya yang disampaikan pada sosialisasi ini diarahkan pada internalisasi nilai pada kurikulum pendidikan khususnya pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP/MTs). Langkah tersebut sangat penting karena tumpuan pembentukan karakter ada di sekolah dan guru memiliki peran besar untuk itu.

Kegiatan PkM ini berlangsung khidmat dan ikuti oleh puluhan peserta dengan mengikuti protokoler kesehatan secara ketat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *