Pengurus Pordi Cabang Bone Resmi Dikukuhkan

ENEWSINDONESIA.COM, BONEDomino atau biasa disebut Gaple adalah semacam permainan kartu generik. Di Indonesia biasanya berbentuk kartu kecil berukuran 3×5 cm, berwarna dasar kuning terdapat endol-endol yang berfungsi sebagai pengganti angka.

Sebenarnya, penemu dan tahun ditemukannya Domino masih simpang siur. Melansir Pagat.com, sejarawan percaya bahwa penciptanya adalah Keung T’ai Kung di abad ke-12 SM.

banner 728x250      
 

Sedangkan, catatan sejarah lain menunjukkan bahwa penemunya adalah Hung Ming (181-234 M). Ia menciptakan permainan ini agar prajuritnya tetap terjaga di malam hari di kamp untuk mengawasi musuh.

Ada pula yang mengatakan kalau permainan ini ditemukan di Tiongkok pada tahun 1120 M oleh seorang negarawan. Kemudian, orang ini menyerahkan permainannya ke Kaisar Hui Tsung lalu diedarkan ke luar negeri atas perintah kekaisaran.

Olahraga Domino ini digemari semua kalangan di Indonesia. Di Kabupaten Bone, Sulawesi selatan juga tak mau ketinggalan hingga banyak terbentuk organisasi – organisasi pencinta olahraga Domino ini.

Seperti Persatuan Olahraga Domino Indonesia (PORDI) yang mempunyai cabang di beberapa daerah.

Untuk di Kabupaten Bone, pengurus Pordi resmi di kukuhkan hari ini, Selasa 21 Maret 2022 bertempat di Ball Room Sentosa Hotel Novena Bone, Sulsel.

Ketua Pordi Bone, Andi Akbar Yahya, Sekretaris, Muh Bachtiar Sairing, Bendahara, Ishak SH bersama Pengurus PORDI Bone lainnya, dikukuhkan langsung Ketua PORDI Sulsel, Andi Baso Riyadi Mappasulle.

Turut hadir Ketua Dewan Penyantun PORDI pusat, Andi Santiadji, Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle, Sekkab Bone, HA Islamuddin dan Dandim Bone, Letkol Kav Budiman serta Bendahara PORDI Jawa Barat, Andi Agussalim.

Usai pengukuhan, dilanjutkan pelantikan pengurus PORDI 27 Kecamatan.

Ketua PORDI Bone, Andi Akbar Yahya menegaskan, target kedepan membawa PORDI Bone berjaya di Sulsel.

“Terbentuknya Pordi Bone ini didasari rasa cinta kebersamaan, persatuan dan kesatuan. Di Pordi Semua Kalangan disatukan dalam bentuk kebahagian dan Insyallah Pordi Bone akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bone,” ujar A.Akbar Yahya

Politisi asal Bone bagian utara ini menegaskan, antusias pencinta domino di Bone sangat luar biasa.

“Sangat luar biasa antusias pencinta domino di Bone. Saya juga laporkan di organisasi PORDI ini bergabung berbagai latar belakang profesi. Jadi kalau ada yang susah, datang saja ke PORDI,” ujarnya berkelakar.

Mantan Ketua DPRD Bone itu menyebutkan, PORDI merupakan cabang olahraga yang lahir dari kejujuran.

“Di olahraga ini ada kebersamaan, ada kearifan. Pordi ini cinta kebersamaan,” ucapnya.

Andi Akbar Yahya juga menjamin PORDI Bone siap berada dimanapun membantu Pemkab Bone dalam rangka pembangunan, khususnya dibidang olahraga.

Dalam kesempatan itu, Andi Akbar juga melaporkan jika Pordi Bone berencana mengadakan event besar bertajuk turnamen Domino Bupati Bone Cup.

“Kita berharap direspon baik Pemkab Bone. Kita juga ingin merubah image, jangan lagi domino diidentikkan dengan judi. Domino ini olahraga otak,” tukasnya.

Ketua Dewan Penyantun PORDI pusat, Andi Santiadji mengapresiasi terbentuknya PORDI Bone. Bahkan Bone satu-satunya daerah di Sulsel yang kepengurusannya sudah terbentuk hingga kecamatan. “Luar biasa Bone,” ucapnya.

Ketua PORDI Sulsel, Andi Baso Riyadi juga memuji terbentuknya PORDI Bone.

“PORDI Bone ini sangat luar biasa. 15 kabupaten kota sudah saya lantik, Bone ini yang tidak ada celah,” ujar Andi Baso Riyadh.

Sementara, Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle MM juga mengapresiasi hadirnya PORDI Bone yang mewadahi olahraga domino.

“PORDI ini olahraga otak. Hilangkan kesan negatif domino. Image judi dari domino ini yang harus dirubah,” tukasnya.

Ambo Dalle juga mengaku siap ketika Bone ditunjuk menjadi lokasi rakornas PB PORDI. “Bone tidak pernah meminta, tetapi kalau dikasih, tentu kami siap,” pungkasnya. (*)

banner 728x250   banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan